News  

Anies Baswedan Magnet Baru Indonesia

Decak kagum melihat sambutan masyarakat Lombok. Antusias, penuh harapan. Betapa tidak. Saat krisis kepemimpinan nasional. Hadir sosok pemimpin yang akan membawa harapan baru bagi ratusan juta penduduk Indonesia.

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Lombok, Ahad (20/3) dalam rangka turut menyaksikan secara langsung gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Anies Baswedan mulai disambut dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) hingga kehadirannya di tempat MotoGP diselenggarakan. Sirkuit Mandalika.

Bagai magnet. Anies Baswedan langsung diserbu warga masyarakat. Anies Baswedan dengan sabar melayani permintaan warga untuk bersalaman, swafoto dan selfie.

Dalam kunjungan ke Lombok tersebut. Anies Baswedan berkesempatan meluncurkan “Aplikasi Pulo 1000” dalam acara Mandalika Experience Expo, di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Seperti biasa, Anies Baswedan juga melaksanakan shalat berjamaah di masjid. Sama seperti di Balikpapan pekan lalu. Anies shalat shubuh berjamaah di Masjid Agung at-Taqwa.

Kemarin di Lombok, Anies shalat maghrib berjamaah di Masjid Raya Hubbul Wathan, Kota Mataram, NTB. Anies sempat memberikan kultum (kuliah tujuh menit) atas permintaan seorang jamaah.

Pada kesempatan kultum itu, seperti dalam video yang beredar luas. Anies menceritakan bahwa NTB bukan tempat yang jauh baginya. Karena sejak kuliah dia sudah sering ke situ. Apalagi, tempat penelitiannya untuk penulisan disertasi adalah di Kabupaten Sumbawa yang ketika itu belum menjadi Kabupaten Sumbawa Barat.

Sirkuit Mandalika mendadak berubah menjadi panggung Anies Baswedan. Anies duduk di tribun bersama para penonton lainnya. Membaur dengan warga biasa. Ciri khasnya Anies. Tidak mau diistimewakan. Merakyat, natural tanpa protokoler. Anies disambut antusias oleh penonton MotoGP.

Teriakan Anies presiden bergema mulai dari bandara hingga di Mandalika. Malah jamaah Masjid Raya Hubbul Wathan sempat mendoakan Anies agar menjadi presiden menggantikan Jokowi.

Warga sejak dari bandara hingga Mandalika menyambut Anies dengan suka cita. Warga surprise dapat bertemu langsung Anies Baswedan.

Fenomena Anies sudah merambah ke seluruh Indonesia. Warga sangat antusias bertemu Anies. Excited.

Bagai mendapat durian runtuh. Simpati publik di event motoGP makin mempopulerkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Orang baik rezeki baik. Rezeki tak disangka-sangka. Di luar perkiraan. Rezeki keuntungan politik. Itulah yang dialami Anies Baswedan dalam dua pekan terakhir.

Ahad 13 Maret dan 20 Maret 2022 benar-benar milik Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta rasa Presiden.

Dua panggung fenomenal. Gratis tak berbayar. Anies Baswedan meraup keuntungan politik dari event berskala nasional dan internasional.

Anies Baswedan telah menjadi magnet baru. Harapan baru Indonesia. Semoga.

Bandung, 18 Sya’ban 1443/22 Maret 2022
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial