News  

Belum Vaksin, 2 Siswa SD Disuruh Pulang dan Terpaksa Belajar di Pasar

Dua orang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 251 di Desa Tanarigella, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan terpaksa belajar di teras lods pasar. Mereka terpaksa belajar di lokasi pasar karena pihak sekolah menolaknya ikut Pembelajaran Tatap Muka atau PTM karena belum vaksin.

“Sebelumnya anak kami belajar di luar kelas, tapi hari ini di lokasi pasar. Kami kecewa karena aturannya pilih kasih. Di beberapa daerah aturan seperti ini tidak berlaku. Siswa yang divaksin atau belum divaksin tetap bisa belajar tatap muka,” kata Gusnawati, orang tua siswa, Rabu (23/3/2022).

Foto dua orang siswa SD berseragam lengkap belajar di teras lods pasar viral di sosial media. Netizen menyayangkan ketatnya protokol kesehatan yang berlaku di sekolah.

Amiruddin, warga Luwu mengatakan aturan protokol kesehatan sangat ketat di sekolah. Sementara di tempat umum, pasar dan kegiatan pemerintah yang melibatkan orang banyak dan menimbulkan kerumunan aturannya longgar dan tidak ada teguran.

“Anak anak kami yang ingin belajar dibuatkan aturan yang sangat ketat, dan aturan ini benar-benar membuat kita miris karena lihat saja ada banyak kegiatan yang menimbulkan kerumunan tapi apakah di sana berlaku aturan ketat?,” kata Amiruddin.

Hasbullah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu, mengatakan dua siswa tadi memang tidak dibolehkan mengikuti pembelajaran tatap muka karena belum divaksin. Aturan itu berdasarkan surat edaran Bupati Luwu, Basmin Mattayang terkait protokol kesehatan.

“Bagi siswa yang belum vaksin, hanya boleh belajar daring atau kalau tak punya android bisa belajar dari rumah. Cukup datang ke sekolah untuk mengambil tugas lalu dikerjakan di rumah,” kata Hasbullah, Kamis (24/3/2022).

Terkait dua siswa yang belajar di lokasi pasar, Hasbullah menduga dua siswa tadi kebetulan menunggu orang tua atau kerabatnya yang berjualan di pasar. {tvone}