Bamsoet Janjikan Sirkuit F1 Bintan Jadi Yang Termegah di Kawasan Barat Indonesia

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, telah meletakkan batu pertama pembangunan Sirkuit F1 Bintan pada 14 Maret 2022 silam. Proses pembangunan Sirkuit F1 Bintan pun telah dimulai pada 17 Maret 2022.

Nantinya, konsep sirkuit ini serupa dengan Sirkuit Mandalika yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Bamsoet, yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), menjanjikan Sirkuit Bintan akan menjadi yang termegah di kawasan Barat Indonesia.

Rencananya, sirkuit ini akan digunakan untuk menggelar berbagai ajang otomotif dunia mulai dari balap mobil sport, MotoGP, hingga Formula 1.

“Saat ini, tim kajian sedang merampungkan Detail Engineering Design (DED) terkait teknis tanah maupun kondisi alam tempat Sirkuit Internasional F1 Bintan yang akan dibangun,” ujar Bamsoet saat Menerima Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab di Jakarta, Senin (14/3/2022).

“DED Sirkuit Internasional F1 Bintan menyamai konsep Sirkuit di Mandalika yang mengedepankan pemandangan alam. Sirkuit Internasional F1 Bintan dirancang menawarkan pemandangan laut Bintan yang indah,” lanjutnya.

Bamsoet menjelaskan, untuk membangun Sirkuit F1 Bintan ini telah disiapkan lahan seluas 75 hingga 100 hektare. Pembangunan telah melalui pengkajian tim konsultan dari Inggris, Populous, yang telah banyak mendesain arena motorsport di berbagai negara dunia.

Diharapkan, pembangunan sirkuit ini akan berdampak besar bagi ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu, ini akan memantik pariwisata kota Bintan, Kepulauan Riau menjadi makin maju.

“Pembangunan Sirkuit Internasional F1 Bintan akan berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah Bintan. Seiring banyak masuknya wisatawan lokal dan asing dari Singapura, Malaysia dan negara lainnya. Selain akan mendukung sport automotif tourism di kawasan barat Indonesia,” kata Bamsoet.

“Setidaknya sudah ada dua kawasan lahan yang disiapkan, yaitu berdekatan dengan danau Lagoi Bay, dan di belakang pantai pasir panjang dengan panorama pemandangan alam laut. Sirkuit Internasional F1 Bintan akan dilengkapi tribun dan dipercantik dengan keindahan alam Bintan,” pungkasnya. {okezone}