F1 GP Arab Saudi 2022 Tetap Berlanjut Meski Ada Serangan Rudal Houthi di Jeddah

CEO F1, Stefano Domenicali, dan Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem, sepakat untuk tetap menggelar F1 GP Arab Saudi 2022 di tengah ancaman serangan rudal yang terjadi di Jeddah.

Demi menjaga kelancaran jalannya F1 GP Arab Saudi 2022, promotor balapan, Saudi Motorsport Company (SMC), pun memastikan bakal meningkatkan keamanan.

Sebagaimana diketahui, sebuah misil dijatuhkan kelompok Houthi Yaman di Jeddah pada Sabtu (26/3/2022) waktu setempat. Lokasi jatuhnya rudal ini hanya berjarak 20 kilometer dari Sirkuit Corniche Jeddah, tempat balapan F1 GP Arab Saudi 2022.

Alhasil, insiden tersebt turut memberi pengaruh terhadap jalannya gelaran F1 GP Arab Saudi 2022. Sebab, efek dari bangunan yang terbakar karena serangan rudal, sempat mengganggu jalannya latihan bebas pertama F1 GP Arab Saudi 2022.

Latihan bebas kedua pun mengalami penjadwalan ulang dan molor 15 menit akibat dari serangan tersebut. Akan tetapi, dua latihan bebas itu akhirnya tetap berlangsung dan selesai dengan aman.

Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak F1, balapan disinyalir akan tetap berlanjut sesuai jadwal, yakni pada Senin 28 Maret 2022. Untuk itu, SMC akan meningkatkan keamanan. Mereka menjamin keselamatan semua pihak yang terlibat dalam balapan tersebut, termasuk penonton.

“Kami mengetahui adanya serangan terhadap stasiun distribusi Aramco di Jeddah tadi sore,” tulis pernyataan resmi SMC, dilansir dari ESPN, Sabtu (26/3/2022).

“Penyelenggara balapan tetap berhubungan langsung dengan otoritas keamanan Saudi, serta F1 dan FIA, untuk memastikan semua langkah keamanan dan keselamatan yang diperlukan terus diterapkan demi menjamin keselamatan semua pengunjung F1 Grand Prix Arab Saudi serta semua pembalap, tim, dan pemangku kepentingan,” sambung pernyataan tersebut.

SMC menegaskan, akan tetap menggelar balapan sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Hal ini sejalan dengan Domenicali dan Ben Sulayem yang sebelumnya sudah sepakat akan tetap menggelar balapan.

“Jadwal balapan akhir pekan akan berlanjut sesuai rencana. Keselamatan dan keamanan semua tamu kami terus menjadi prioritas utama kami dan kami berharap dapat menyambut para penggemar untuk akhir pekan balap dan hiburan premium,” tegas pernyataan tersebut. {okezone}