News  

Ratu Sakinatul Aqila, Hafiz 15 Juz Al-Qur’an Yang Lolos SNMPTN di Usia 14 Tahun

“Kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti,” begitulah prinsip yang dipegang teguh Ratu Sakinatul Aqila.

Dengan prinsip tersebut, remaja 14 tahun ini diterima dan menjadi mahasiswa termuda pada program studi S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair). Ratu merupakan salah satu Ksatria Airlangga yang berhasil lolos lewat jalur SNMPTN 2022.

Ratu begitu akrab disapa mengatakan, sejak kecil ia telah aktif menghafal Al-Qur’an. “Saat ini, sudah 15 juz dalam Al-Qur’an yang berhasil saya hafalkan,” kata Ratu, Selasa (5/4).

Bahkan Ratu juga kerap mengikuti lomba-lomba tahfidz, hingga mendapat penghargaan di tingkat Kabupaten. Ia pernah meraih Juara 2 Bahasa Arab Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021 se-Kabupaten Gresik.

“Selain mengejar akademik, aku lebih fokus mengejar hafalan saya. Karena saya percaya dengan prinsip yang mama saya tekankan sejak kecil, ‘kejarlah akhiratmu, maka dunia akan mengikuti’,” tambahnya.

Terkait prestasi akademiknya, Ratu bercerita, sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia telah mengikuti program akselerasi.

Bahkan setelah lulus dari MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, Ratu kembali mengambil program akselerasi di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik.

Sebagai anak akselerasi, Ratu mengaku ia memiliki ambisi besar perihal nilai akademik. Setiap harinya Ratu selalu menghabiskan waktu mempelajari setengah hingga satu bab baru.

Bahkan, Ia juga rela Ratu begadang hingga tengah malam untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

“Kalau liat tugas yang bejibun, terus selesai rasanya kayak abis menang lotre. Kalau tugasnya banyak banget, aku pasti bikin self reward setelah ngerjainnya,” ungkapnya.

Meski demikian, remaja kelahiran Gresik, 15 Juli 2007 ini mengaku, jika terkadang dirinya hampir menyerah.

“Alhamdulillah, ada teman yang juga berambisi dan penuh semangat yang membuat saya termotivasi kembali untuk tidak tertinggal saat merasa lelah,” ucapnya.

Ke depan, Ratu berharap dapat bergabung bersama dengan BEM dan bisa lulus kuliah lebih cepat, sembari menuntaskan hafalan Al-Qur’an.

Tak lupa, Ratu berpesan kepada teman-teman seusianya untuk terus yakin dalam berproses, berjuang dan berdoa. Karena menurutnya, usaha tidak akan menghianati hasil.

“Saya ingin membanggakan Indonesia di kancah Internasional dan bermanfaat bagi semua orang,” pungkasnya. {kumparan}