News  

Airlangga Hartarto: 80 Juta Warga Bakal Mudik Lebaran Tahun Ini, 14 Juta Pemudik Dari Jabodetabek

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, menyebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah, akan ada 80 juta warga yang mudik pada momen lebaran Idul Fitri tahun ini.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara Nuzulul Quran dan Buka Bersama di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat pada Senin (18/4/2022)

“Dalam rangka Idul Fitri nanti, pemerintah sudah memberikan libur cuti massal dan tentu diharapkan cuti massal ini dapat dimanfaatkan untuk mudik dan berdasarkan survei yang dilakukan, yang akan mudik lebih dari 80 juta orang,” katanya.

Menurut Airlangga, dari jumlah tersebut, 14 juta pemudik di antaranya berasal dari wilayah Jabodetabek. Sementara tujuan paling banyak ke wilayah Jawa Tengah (Jateng).

“Jadi kira-kira kita paham apa yang terjadi dan kemacetan akan jadi hal yang luar biasa,” ungkapnya.

Selain itu, Airlangga mengungkapkan, juga anak-anak di bawah 18 tahun diperbolehkan berpegian meski belum mendapatkan suntikan booster. Dengan catatan sudah menerima dua kali dosis vaksin.

“Maka untuk anak-anak 18 tahun boleh bepergian yang sudah disuntik dua kali tanpa dites antigen atau PCR,” tuturnya.

“Jadi sudah bisa langsung dan Alhamdulillah dengaj situasi ini kita diizinkan juga untuk solat teraweh maupun solat saat Idulfitri. Tentu kita harus menjaga prokes dan sudah dibolehkan halal bil halal, tetap harus menjaga prokes,” katanya. {suara}