News  

Anies Gitu Loh!

Programnya populis. Bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Hadir ditengah-tengah warganya yang membutuhkan sentuhan kasih sayang melalui kebijakan pro wong cilik.

Tak berhenti di gagasan dan narasi. Karyanya konkret. Mudik gratis. Dana hibah guru honorer. Pangan murah dan seabreg program pro rakyat lainnya. Satu lagi maha karya monumental, Jakarta International Stadium. Stadion kelas dunia.

Ruang ketiga yang indah dan ngangenin itu. Ada jembatan penyeberangan orang dan sepeda, Pinisi. Cocok untuk selfie dan gaya-gayaan. Terbentang indah di jalan utama, Sudirman. Menjadi destinasi wisata baru warga Jakarta dan non Jakarta. Ditambah dengan Tebet eco park yang diresmikan kemarin (23/4).

Mudik lebaran gratis, misalnya. Disediakan ratusan bis untuk pulang kampung dengan berbagai tujuan. Ada 17 kota tujuan mudik gratis. Tersebar di 5 provinsi. Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kota tujuannya; Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Kuota mudik gratis Idul Fitri tahun ini dari Gubernur Anies Baswedan mencapai 19.680 orang dengan 492 bus. Luar biasa perhatian Anies Baswedan untuk warganya pulang kampung. Difasilitasi. Dimanjakan. Aman dan nyaman. Tanpa pencitraan.

Sebelumnya Anies Baswedan pernah melakukan hal serupa. Sebelum Indonesia dilanda Covid-19. Pada tahun 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar mudik gratis. Sempat absen 2 tahun saat Covid-19 melanda Indonesia.

Tahun 2019 Gubernur Anies Baswedan melalui program mudik gratis sebanyak 17.427 warga Jakarta dengan menggunakan 354 bus ke sepuluh kota dan kabupaten di Pulau Jawa. Tahun 2022 diperluas hingga menjangkau pulau Sumatera; kotanyo wong kito galo, Palembang dan Lampung.

Tak hanya warga Jakarta yang pulang kampung gratis berbahagia. Para guru honorer swasta dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga ikut bahagia. Lagi-lagi Anies menunjukkan komitmennya pada pahlawan tanpa tanda jasa.

Anies menaikkan dana hibah untuk guru honorer swasta dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2022 menjadi Rp538,9 miliar atau naik 10 persen dibandingkan 2021 sebesar Rp489,9 miliar.

Semua warga Jakarta dibahagiakan oleh Anies. Tak pandang bulu. Semua dihargai. Diberikan perhatian yang sama. Anies gitu loh.

Garut, 22 Ramadhan 1443/24 April 2022
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial