Tekno  

Ini 3 Cara Mudah Menghilangkan Virus di HP Android

Sebagian orang merasa bingung mencari cara menghilangkan virus di hp android . Padahal, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah asalkan mengikuti petunjuk yang sesuai.

Sama halnya dengan virus di kehidupan manusia, virus pada hp merupakan sebuah penyakit, namun dalam bentuk program. Program ini menyerang sistem perangkat seluler dan bisa menimbulkan potensi kerusakan pada perangkat.

Hasilnya, hp tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan perkembangan pesat teknologi, virus di hp android pun semakin bertambah juga. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa solusi untuk bisa menyelesaikan masalah virus tersebut.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan virus di hp android

1. Menggunakan Anti-Virus

Cara paling umum yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus adalah dengan memasang anti-virus. Saat ini berbagai aplikasi anti-virus sudah cukup banyak jenisnya, dari yang gratis hingga berbayar.

Untuk melihat tingkat keberhasilannya, anda bisa melihat terlebih dahulu review mengenai aplikasi tersebut di Play Store. Selain itu, anda juga bisa mencari referensi atau rekomendasi tentang anti-virus terbaik untuk perangkat android.

Nantinya ketika anda memasang antivirus di ponsel. Aplikasi tersebut akan langsung bekerja dengan melakukan scanning penuh pada ponsel. Setelah itu, akan terlihat jenis dan asal mula virus tersebut muncul.

Beberapa contoh antivirus yang bisa anda gunakan diantaranya adalah AVG Antivirus, Avast Antivirus, One Booster, dan sebagainya.

2. Melakukan Instal Ulang pada Perangkat

Cara ini merupakan langkah final apabila virus di perangkat anda tetap tidak hilang. Jadi, apabila perangkat anda terkena virus yang berbahaya dan sulit dihilangkan, maka dengan melakukan reset perangkat bisa menjadi solusi terakhir.

Ketika perangkat di reset, maka otomatis virus pun akan hilang bersama semua data yang ada di perangkat. Dalam hal ini, caranya cukup mudah sebagai berikut.

-Pada perangkat buka menu pengaturan.

-Setelah itu, masuk ke menu Sistem dan cari opsi ‘Setel Ulang’

-Lanjut, pilih reset ke setelan pabrik dan tunggu prosesnya.

-Selesai

3. Menggunakan Safe Mode

Biasanya, virus muncul ketika pengguna menginstal aplikasi dari pihak ketiga atau bajakan. Selain itu, bisa juga muncul saat pengguna menjelajahi internet dan mengunjungi website tertentu. Virus yang dibawa tersebut otomatis akan menjangkit sistem pada perangkat dan bisa menimbulkan kerusakan.

Hal yang harus dilakukan adalah menghapus aplikasi tersebut. Aplikasi yang terindikasi terserang virus biasanya sesekali akan crash atau bahkan tidak bisa dibuka.

Ketika anda menemui hal tersebut, secepatnya segera uninstall aplikasinya. Berikut langkah-langkah menghilangkan virus di hp android melalui safe mode.

-Pertama, alihkan perangkat ke Safe Mode.

-Setelah itu, periksa aplikasi yang di perangkat tersebut dan cari yang mencurigakan.

-Hapus aplikasi yang terindikasi terjangkit virus.

-Kemudian, hapus juga akses administrator aplikasi asing dan keluar dari Safe Mode.

-Selesai. {sindo}