Pertama Dalam Sejarah Liga Inggris, Blackburn Rovers Izinkan Stadion Ewood Park Gelar Sholat Idul Fitri

Klub Inggris Blackburn Rovers mengizinkan markas mereka, yakni Ewood Park untuk menggelar shalat Idul Fitri untuk umat muslim yang berada di Inggris.

Kebijakan itu tak pernah terjadi sebelumnya, sehingga Blacburn Rovers pun menjadi klub Inggris pertama dalam sejarah yang menggelar sholat Idul Fitri berjamaan di lapangan stadion.

Informasi ini disampaikan oleh pihak klub melalui laman resmi klub tersebut. Dalam pernyataan resminya, Blackburn Rovers akan menjadikan Ewood Park sebagai tempat sholat idul fitri berjamaah demi mendukung komunitas muslim di Inggris.

“Untuk merayakan akhir Ramadhan, Sholat Idul Fitri di Ewood Park akan dilaksanakan pada hari Idul Fitri, dari pukul 9 pagi hingga 10 pagi (waktu setempat),” tulis Blackburn Rovers dalam laman resminya, dikutip pada Minggu (24/4/2022).

“Selama bertahun-tahun, Rovers telah mensponsori festival tahunan Idul Fitri di Taman, yang diadakan di Corporation Park, dan klub dengan senang hati menunjukkan dukungan lebih lanjut dengan menyelenggarakan shalat Idul Fitri tahun ini di lapangan Ewood Park,” tambah pernyataan itu.

Pihak klub mengharapkan kedatangan 1000 muslim yang ingin sholat idul fitri berjamaah di lapangannya. Lebih lanjut, Blackburn Rovers menyatakan sholat idul fitri berjamaah di Ewood Park akan terbuka bagi semua komunitas muslim.

“Sholat Idul Fitri di Ewood Park terbuka untuk semua keluarga, dengan ketentuan bagi pria dan wanita untuk sholat di lapangan,” terang Blackburn Rovers.

Blackburn Rovers sendiri merupakan salah satu klub yang mempunyai catatan sejarah manis di Inggris. Tercatat, klub berjuluk The Riversides pernah tiga kali menjuarai Liga Inggris (1912, 1914, dan 1995). Musim 1994-1995 adalah musim paling bersejarah bagi Blackburn Rovers.

Pada saat itu, Blackburn Rovers diperkuat para pemain legendaris seperti Alan Shearer dan Chris Sutton. Saat ini, Blacburn Rovers sudah terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris sejak musim 2011-2012. {okezone}