News  

Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Tertinggi Dengan 29,2 Persen, Disusul Prabowo dan Anies

Lembaga survei Charta Politika melakukan rilis terbaru bertajuk ‘Evaluasi Kebijakan Pemerintah dan Peluang Kandidat Capres-Cawapres 2024’. Salah satunya terkait elektabilitas sejumlah tokoh dalam bursa capres 2024.

Hasil survei menujukkan nama Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto masih menduduki 3 besar dalam bursa capres.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan Ganjar menduduki peringkat pertama dengan 26,6 persen, Prabowo 22,0 persen dan Anies 19,7 persen.

“Kecenderungannya semakin mengerucut dan makin membesar ke tiga nama, yang pertama Ganjar Pranowo ini cukup stabil data kita sekitar 8 bulan terkahir ada di posisi pertama, disusul oleh Pak Prabowo, dan kemudian disusul oleh Anies Baswedan,” kata Yunarto secara virtual, Senin (25/4).

Yunarto menuturkan dalam simulasi 10 nama, elektabilitas Ganjar, Anies, Prabowo masih mendominasi. Ganjar dengan 29,2 persen, Prabowo 23 persen dan Anies 20,2 persen.

“Kalau kita lihat Ganjar Pranowo angkanya absolut ada di peringkat satu. Sementara Prabowo dengan Anies masih di selisih margin of error,” kata dia.

Lalu, Sandiaga Uno 4,9 persen, Ridwan Kamil 4,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,4 persen. Elektabilitas Puan Maharani 1,8 persen dan Airlangga Hartarto 1 persen.

Survei dilakukan pada 10-17 April 2022 dengan menggunakan 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.
Tingkat margin eror hasil survei kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. {kumparan}