Mercedes AMG Petronas Makin Tertinggal, Lando Norris: McLaren Mobil Tercepat Ketiga di F1 2022

Pembalap Tim McLaren, Lando Norris merasa bahwa mobil yang ia gunakan kini sudah semakin cepat bila dibandingkan dengan musim lalu. Dengan seiring melempemnya Mercedes AMG Petronas, Norris lantas merasa McLaren kini merupakan mobil tercepat ketiga di Formula One (F1) 2022, di belakang Scuderia Ferrari dan Red Bull Racing.

Sejauh ini performa Norris di F1 2022 terbilang cukup bagus dari empat seri yang telah dilalui. Pembalap asal Inggris itu berhasil meraih podium ketiga saat tampil di Sirkuit Imola pada Minggu 23 April 2022.

Podium tersebut membawanya ke peringkat keenam klasemen sementara pembalap F1 2022 dengan 35 poin. Norris pun berada satu tingkat di atas Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) yang menempati posisi ketujuh dengan 28 poin dari satu podium.

Sementara itu, Norris menjelaskan timnya telah berbenah usai mendapatkan hasil buruk di Bahrain. Alhasil, McLaren pun berhasil menunjukkan peningkatan dan membuatnya merasa yakin sebagai mobil tercepat ketiga di belakang Ferrari dan Red Bull.

“Sejak itu kami telah memahami mobil sedikit lebih baik, memperbaiki kelemahan dan membuat beberapa perbaikan. Ada banyak aspek positif dan saya pikir kami berada di urutan ketiga dalam keseimbangan kekuatan,” kata Norris dilansir dari Speedweek, Selasa (3/5/2022).

Pembalap berusia 22 tahun itu mengaku sulit menilai kecepatanya sendiri karena pembalap lainnya masih lebih cepat darinya. Norris mengatakan Carlos Sainz (Ferrari) dan Sergio Perez (Red Bull) tampil lebih cepat darinya, sehingga membuatnya ingin meningkatkan kecepatan di balapan berikutnya.

“Itu karena orang-orang yang saya mulai di sebelah, sulit untuk menilai kecepatan Anda sendiri ketika orang-orang di sebelah Anda adalah satu setengah detik lebih cepat per lap. Saya tahu Carlos Sainz dan Sergio Pérez lebih cepat itu sebabnya saya hanya mencoba untuk meningkatkan jarak sejauh mungkin,” jelasnya.

Saat ini, McLaren berada di peringkat keempat klasemen konstruktor F1 2022 dengan 46 poin dari satu podium. Pabrikan asal Inggris itu di belakang Mercedes yang menempati peringkat ketiga dengan 77 poin dari dua podium.

Selanjutnya Norris dan pambalap F1 lainnya akan tampil di F1 GP Miami 2022. Balapan seri kelima F1 2022 itu akan berlangsung pada Minggu 8 Mei 2022. {okezone}