News  

Anies Baswedan Janji Bakal Perbaiki Pasar Gembrong Yang Terbakar Mulai Minggu Depan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan kabar baik bagi korban kebakaran Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Menurut Anies, Pasar Gembrong akan segera diperbaiki. Proses perbaikan dilakukan secara bertahap terhitung mulai minggu depan. “Insyaallah pengerjaan revitalisasi kawasan ini segera dilaksanakan secara estafet mulai minggu depan,” ujar Anies.

Dia menyatakan hal tersebut melalui akun Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Selasa.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak menyebut anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan kawasan Pasar Gembrong. Namun, Anies menjelaskan renovasi melibatkan koordinasi serta kolaborasi berbagai pihak.

Mulai dari Baznas (Bazis) DKI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan warga, juga pihak swasta.

Anies juga menyatakan perbaikan akan mengedepankan bangunan yang sesuai dengan kontur kawasan, memenuhi ketersediaan peralatan pemadam api ringan, ramah lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan warga.

“Dengan demikian, warga yang terdampak kebakaran dapat kembali menempati hunian yang lebih baik,” katanya.

Selain melakukan revitalisasi fisik bangunan, ke depan pemda juga akan mendampingi warga untuk memahami konsep lingkungan yang sehat.

Meliputi sanitasi, pencahayaan, ketersediaan sumur resapan, mitigasi kebencanaan dan faktor manajemen lingkungan. Pada hari pertama Lebaran, Anies kembali bersilaturahmi dengan warga yang tertimpa musibah kebakaran di kawasan Pasar Gembrong.

“Setelah Salat Asar di Musala Al-Hikmah, kami melihat tim dapur darurat yang terdiri dari kolaborasi Baznas Bazis, PMI, Dinsos dan sukarelawan lainnya, sungguh kompak membantu para korban,” ucapnya.

Sebanyak 400 bangunan yang terdiri dari rumah dan kios ludes terbakar dalam musibah kebakaran di Pasar Gembrong, Jakarta Timur, Minggu (24/4) malam.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan luas area yang terbakar sekitar 1.200 meter persegi. “Objek terbakar 400 bangunan terdiri dari rumah dan pertokoan di RT 2, 3, 4, 5 dan 6 RW 01,” kata Gatot. {fajar}