Jika Usung Anies di Pilpres 2024, NasDem, PPP, PKS, Diprediksi Bakal Raup Coattail Effect

Anies Baswedan bertukar gagasan bersama para peneliti dan mahasiswa doktoral pada acara diskusi "Jakarta Post-Pandemic: Smart Technology and Urban Life" di King's College, London, Inggris, Rabu (11/5/2022).

Survei Indo Riset mengungkap bahwa elektabilitas Partai NasDem, PPP, PKS, dan Partai Demokrat bisa naik jika mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

Namun, pendapat berbeda dilontarkan Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKopi Kunto Wibowo.

Menurut Kunto, yang bakalan mendapat coattail effect jika mengusung Anies sebagai capres dalam pilpres hanyalah PKS, PPP, dan NasDem. Menurut Kunto, Anies adalah sosok yang agamis dan nasionalis.

Maka, partai yang bakal mendapat dampak elektoral adalah partainya yang memiliki citra yang mirip dengan Anies yaitu agamis dan nasionalis.

“Asumsi bahwa Anies akan mengerek beberapa partai, kalau menurut saya ya asumsi itu berdasarkan pada kedekatan citra atau kedekatan persepsi publik antara citra partai dan citra si capres,” kata Kunto, Jumat (20/5).

“Kalau citranya tidak koheren, akan susah saling mengerek atau saling menaikkan elektabilitas. Dan kalau dilihat sih partai seperti Nasdem, kemudian PPP, kan lebih di tengah walaupun PPP lebih ke Islam, PKS juga Islam gitu,” lanjut Kunto.

Kunto mencontohkan, Anies cukup dekat dengan sejumlah pimpinan ponpes di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY. Oleh karena itu, citranya lebih dekat dengan PKS dan PPP yang merupakan partai Islam.

Sementara NasDem sudah tentu dinilai sebagai partai nasionalis. Ini mirip Anies yang juga dicap sebagian kalangan adalah nasionalis meski agamis.

Meskipun begitu, Kunto menilai Nasdem memiliki opsi kandidat capres yang lebih banyak dibanding PPP dan PKS. Sebab, jangkauan pemilih NasDem lebih luas dibanding PPP dan PKS.(Sumber)