Panas! Ketum PKB Cak Imin Kumpulkan Ribuan Ulama Usai Gus Yahya 3 Hari Sambangi Kiai Jatim

Ketum PKB Cak Imin mengumpulkan ribuan ulama dan habaib hanya berselang hari usai Ketum PBNU Gus Yahya silaturahmi ke sejumlah di Jawa Timur selama tiga hari. Foto: CNN

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menggelar silaturahmi ke sejumlah kiai dan pondok pesantren besar di Jawa Timur selama tiga hari yang dimulai Rabu 18 Mei 2022.

“Kita mewakili mandat yang berat dari para muazis jamiah ini. Barokah kebaikan hadir dalam jamiyah ini.

Khusus dari KH Syamsul Arifin, apa yang kita lakukan semoga mendapatkan kemudahan dan keberkahan,” kata Gus Yahya dalam keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.

Gus Yahya mengatakan bahwa kedatangannya ke sejumlah kiai dan pesantren kali ini untuk mendapatkan keberkahan dari para muazis pendiri NU salah satunya di Situbondo.

Ia mengungkapkan bahwa PBNU saat ini sedang berusaha meningkatkan disiplin organisasi, serta mempererat kebaikan.

Menurutnya mulai ranting hingga ke atas sampai PBNU diupayakan tidak ada nada yang tidak seirama dengan keseluruhannya.

“Mudah-Mudahan dengan barokah para muazis semuanya bisa tercapai,” kata Gus Yahya.

Usai silaturahmi di kediaman KH Azaim, Gus Yahya lantas melanjutkan sowan ke kediaman Wakil Rais Aam PBNU KH Afifuddin Muhajir yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari Pesantren Sukorejo.

Ketum PKB Cak Imin mengumpulkan ribuan ulama dan habaib hanya berselang hari usai Ketum PBNU Gus Yahya silaturahmi ke sejumlah di Jawa Timur selama tiga hari.

Silaturahmi Gus Yahya kemudian dilanjutkan ke kediaman KHR Muhammad Kholil Asad (Ra Kholil) yang ada di Pesantren Wali Songo Situbondo.

“Kegiatan kumpul para kiai seperti ini penting. Jadi bisa saling bersilaturahmi saling tukar pemikiran. Saya bangga Ketum PBNU menghidupkan budaya keliling ke kiai-kiai,” ujar Ra Kholil.

Keliling ke kiai seperti yang dilakukan Gus Yahya, kata Ra Kholil mengingatkan pada KH Wahab Hasbullah dan KH Abdurrahman Wahid yang juga suka keliling ke pesantren dan kiai-kiai.

ANALISIS
Cak Imin-PBNU Berseteru, Suara PKB Berpotensi Tergerus
Selama tiga hari, silaturahmi pada Rabu dimulai dengan ziarah ke Makam KHR Asad Syamsul Arifin, KHR Syamsul Arifin dan KHR Fawaid Asad yang ada di Pesantren Salafiyah Safi’iyah Sukorejo Asembagus Situbondo.

Di Pesantren Sukorejo, kedatangan Gus Yahya langsung disambut KHR Ahmad Azaim Ibrahimy serta sejumlah ulama pengasuh pesantren Sukorejo.

Usai ziarah di makam, Gus Yahya yang datang ditemani Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Ketua PBNU Amin Said Husni ini lantas mengikuti salat dzuhur berjamaah dan silaturahmi ke kediaman KH Azaim.

“Momentum kedatangan Ketua Umum PBNU semacam inilah yang kami rindukan. Di tempat ini ada banyak sejarah panjang Nahdlatul Ulama,” tutur KH Azaim ketika menyambut Gus Yahya.(Sumber)