Cari Bibit Bulutangkis Indonesia, PBSI Bakal Gelar Turnamen Piala Presiden 2022

Ketua Umum (Ketum) PBSI, Agung Firman Sampurna, menyebut pihaknya akan menggelar turnamen Piala Presiden 2022.

Turnamen yang diperuntukkan bagi anak di bawah usia 13, 15, dan 17 tahun ini menjadi ajang mencari bibit unggul untuk bulu tangkis Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun MNC Portal Indonesia pada konferensi pers yang digelar di iNews Tower, Senin 30 Mei 2022 siang WIB, Agung berencana mengadakan kompetisi bagi para bibit muda calon atlet bulu tangkis Indonesia. Bagi Agung, hal itu penting dilakukan.

Hary Tanoesoedibjo dalam konferensi pers jelang Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Foto: Maulana Yusuf/MNC Portal Indonesia

Pasalnya, kompetisi ini bukan hanya sebagai tontonan untuk memikat minat masyarakat terhadap bulu tangkis.

Lewat Piala Presiden 2022, langkah ini diharapkan bisa menjadi upaya untuk mewujudkan atlet bulu tangkis profesional Indonesia di masa depan.

“Kita perlu membuat satu turnamen. Di mana turnamen itu bukan hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai talent scouting,” papar Agung, dalam sambutannya, Senin 30 Mei 2022.

“Sebagai contoh, kita (PBSI) akan melaksanakan Kejuaraan Nasional dan Piala Presiden. Piala Presiden ini juga menarik, karena pesertanya dalam kategori 13, 15, dan 17 tahun,” imbuh Agung.

“Ini sesuatu yang sangat luar biasa. Itu dalam rangka memberikan ruang untuk para atlet dalam meningkatkan ratingnya di masa depan,” tambahnya.

Selain suatu inovasi yang menarik, Piala Presiden juga nantinya diharapkan akan digemari oleh semua kalangan.

Bukan hanya kaum milenial, ibu-ibu juga dibidik menggemari turnamen ini. Namun, turnamen tersebut belum ditentukan kapan akan digelarnya.

“Selain menarik karena diikuti oleh anak usia muda, namun juga akan digemari oleh ibu-ibu dari anak tersebut yang akan menonton,” jelas Agung.

Sebatas informasi tambahan, MNC Group telah bekerja sama dengan PBSI terkait hak siar Turnamen Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022. Kedua kompetisi itu sendiri rencananya akan digelar pada Juni 2022.

Pertama, turnamen Indonesia Masters 2022 akan dilangsungkan pada 7-12 Juni 2022. Setelah itu, ada Indonesia Open 2022 yang akan digelar pada 14-19 Juni 2022.(Sumber)