News  

Lulus Kedokteran Umur 19 Tahun, Rein Vidya Jadi Wisudawan Termuda Unpad

Wisudawan termuda Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Rein Vidya Banafsha. Foto: UNPAD

Rein Vidya Banafsha, perempuan asal Tasikmalaya mendapat predikat sebagai wisudawan termuda karena lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) di usia 19 tahun 4 bulan.

Dia berhasil menyelesaikan studi sarjana dengan waktu 3,5 tahun dan diwisuda, Selasa (7/6) kemarin. Sebelumnya pada 2018 lalu, Rein tercatat sebagai mahasiwa baru termuda yang diterima di FK Unpad.

“Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang,” ujar Rein sebagaimana dikutip dari laman Unpad pada Rabu (8/6).

Awalnya, Rein berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Unpad melalui jalur SBMPTN pada 2018 saat usianya masih 15 tahun 10 bulan.

Sejak menduduki bangku SMP, Rein mengikuti program akselerasi dan menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun. Hal sama juga ia lakukan ketika SMA, dia lulus dalam dua tahun.

Saat pertama memasuki bangku kuliah, Rein mengaku sempat berpikir akan kesulitan menghadapi perkuliahan di FK Unpad.
“Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” ujarnya.

Menurut Rein, tantangan yang ia hadapi selama berkuliah saat kondisi pandemi COVID-19 memaksa Rein dan mahasiswa lain untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, terlebih ketika dirinya harus melakukan praktikum.

“Praktik online jadi lebih kurang (menangkapnya), karena lebih menempel kalau offline,” tuturnya.

“Kalau dulu waktu offline, biasa ketika ada tugas bisa mengerjakan bareng-bareng bersama teman. Kalau online jadi tantangan tersendiri,” tambahnya.

Setelah lulus sarjana, Rein mengatakan akan melanjutkan pendidikan profesi kedokteran untuk mendapatkan gelar dokter dan akan melanjutkan studinya ke pendidikan spesialis.(Sumber)