Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi Hormat Grak Padanya, Menko Luhut Tersenyum

Betapa santunnya Anggota DPR RI sekaligus Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, di depan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Terlihat dalam sebuah video, Aboe yang kemarin menegaskan partainya memilih berkoalisi dengan PKB, disambangi Luhut di Gedung DPR, tepatnya di dekat eskalator.

Tak lama, bak anak sekolah yang ikut upacara bendera, Aboe langsung hormat kepada Luhut.

Tangannya diangkat, kakinya dientakkan. Luhut pun tersenyum melihat tingkah Aboe yang unik.

Setelah itu, Luhut langsung memeluk Aboe pakai tangan kiri, sembari tangannya kanannya tetap menjabat Aboe. Aboe pun mendekat dan membisikkan sesuatu yang entah apa isinya.

Untuk diketahui, Luhut kemarin mendatangi DPR dan mengusulkan anggaran sebesar Rp429,06 miliar pada 2023 atau bertambah Rp146 miliar dari pagu indikatif yang sebesar Rp283,06 miliar.

“Terdapat kegiatan yang belum terakomodir dalam pagu indikatif 2023, di antaranya adalah untuk kegiatan Archipelagic and Island States (AIS) Forum sebesar Rp50 miliar,” katanya dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Adapun pagu indikatif Kemenko Marves yang sebesar Rp283,06 miliar tersebut tumbuh 8,4 persen dari pagu indikatif dalam APBN 2022 yang senilai R260,92 miliar.

Anggaran AIS Forum tersebut khususnya akan digunakan untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi para kepala negara dan kepala pemerintahan sebagaimana diarahkan oleh Presiden Jokowi.

Luhut juga mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp38,85 miliar untuk mendukung pelaksanaan dan pencapaian target dari kegiatan-kegiatan yang diarahkan langsung oleh Presiden Jokowi dan kegiatan strategis lain.

Tambahan anggaran senilai Rp35,73 miliar diusulkan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan Kemenko Marves.

Untuk pemeliharaan dan operasional gedung juga diusulkan anggaran tambahan Rp14,94 miliar, meskipun Luhut meyakini akan mulai pindah ke Ibu Kota Nusantara pada semester II 2023.

Anggaran tahun 2023 tersebut akan digunakan antara lain untuk koordinasi bidang pengelolaan lingkungan dan kehutanan, bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, serta bidang koordinasi investasi dan pertambangan.(Sumber)