News  

Elektabilitas Melambung, Guru Besar Unair: Erick Thohir Rising Star Pilpres 2024

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Hotman Siahaan setuju jika Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pantas disebut sebagai rising star pada Pilpres 2024.

Sebab hal tersebut melihat torehan keberhasilan Erick di BUMN serta elektabilitasnya yang melambung tinggi.

“Saya setuju. Pak Erick Thohir ini memang rising star dalam kontestasi calon presiden dan calon wakil presiden 2024,” ujar Hotman.

Ia berkata, Erick Thohir merupakan figur baru dalam perpolitikan Indonesia.

Namun elektabilitasnya mampu menumbangkan orang-orang yang sudah berkecimpung lama.

Bahkan nama-nama ketua parpol juga tersalip oleh mantan presiden Inter Milan itu.

Hotman mengatakan hal tersebut merupakan bukti jika Erick Thohir adalah sosok rising star di Pilpres 2024.

“Erick Thohir muncul belakangan dibanding tokoh-tokoh politik bahkan ketua parpol yang sudah berwacana untuk maju dalam kontestasi.

Tapi Erick Thohir mencuat tinggi melambung melewati elektabilitas tokoh-tokoh politik yang sudah lama muncul,” kata Hotman.

Sebelumnya pada survei Poltracking Indonesia, di hasil survei simulasi 10 nama, Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 12,4 persen sebagai cawapres Indonesia selanjutnya.

Dengan elektabilitas 12,4 persen Erick Thohir unggul dari Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum Golkar Airlangga Hartato dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam angka, perolehan elektabilitas dalam simulasi surat suara 10 nama adalah Agus Harimurti Yudhoyono 11,7 persen, Airlangga Hartarto 4,5 persen dan Muhaimin Iskandar 0,7 persen.

Dengan demikian, Erick Thohir berada di posisi ke dua cawapres potensial Indonesia di belakang Menparekraf Sandiaga Uno.(Sumber)