Surya Paloh Umumkan 3 Nama Capres Nasdem: Anies, Andika dan Ganjar

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memutuskan untuk mengusung tiga nama bakal calon presiden (bacapres) di pilpres 2024. Ketiga nama tersebut sebagaimana disebutkan Surya Paloh yakni, Anies Rasyid Baswedan; Andika Perkasa; serta Ganjar Pranowo. Anies dan Ganjar berlatar belakang kepala daerah. Sedangkan Andika, berasal dari unsur TNI.

“Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi nama-nama bakal calon presiden RI pada pemilu 2024. Pertama, Anies Rasyid Baswedan. Kedua, Muhammad Andika Perkasa. Ketiga, Ganjar Pranowo,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Rakernas Nasdem, JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Pengumuman tiga nama yang bakal mengisi bakal capres di 2024 tersebut disambut gemuruh oleh para kader Nasdem. Kata Surya Paloh, tiga nama yang terpilih tersebut, merupakan pilihan terbaik dari para kader NasDem.

“Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, pilihan rakernas, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain diantara tiga, tidak ada yang kurang, nilainya sama di mata saya sebagai ketua umum DPP,” bebernya.

Paloh tidak membedakan antar ketiga bakal capres tersebut. Menurutnya, kualifikasi ketiganya sama bagus. Paloh menjunjung tinggi hasil keputusan rakernas pada malam ini.

Sebelumnya, Partai NasDem sudah mengantongi tiga nama figur yang akan didukung sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Hal itu didapati usai dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem setelah menyelesaikan rapat pleno pada Kamis (17/6) malam.

“Jadi khusus nama 3 capres kami sudah rapat pleno tadi malam, sc sudah memutuskan dan 3 nama sudah ada,” kata Sekretaris Steering Committee Rakernas NasDem, Willy Aditya kepada wartawan di JCC, Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Partai NasDem telah menerima nama calon presiden hasil rekomendasi dari 34 DPW di seluruh provinsi di Indonesia.

Total ada 25 nama yang telah masuk dalam penyampaian rekomendasi di Rakernas Partai NasDem di Jakarta Convention Center. Dari nama-nama tersebut, ada lima nama yang menjadi terbanyak direkomendasikan.

Mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Ketua DPR Fraksi NasDem Rachmat Gobel dan Andika Perkasa.