Agati Sulie Bantu Sarana Budidaya Lele Bioflok ke Warga Kapuas

Agati Sulie Bantu Sarana Budidaya Lele Bioflok ke Warga Kapuas Radar Aktual

Anggota Komisi V DPR RI, Agati Sulie Mahyudin menyerahkan bantuan sarana prasarana budidaya ikan lele dengan sistem bioflok dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI kepada Desa Bunga Mawar, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (13/11/2018) dan diterima langsung oleh kepada Kepala Desa Bunga Mawar, Abdul Gani.

Agati Sulie mengatakan, program bioflok ini untuk Kalimantan Tengah terbilang baru dan satu-satunya desa di Kalteng yang mendapatkan bantuan ini hanya Desa Bunga Mawar. “Bantuan ini juga aspirasi saya kepada Kementerian Desa PDTT,” katanya.

Legislator Partai Golkar ini berharap bantuan program bioflok ini kiranya dapat dikembangkan lagi sehingga hasilnya dapat menambah pundi-pundi pendapatan asli desa setempat.

“Karena bantuan ini pengelolaannya diserahkan kepada desa sehingga hasilnya dapat menambah pendapatan desa. Saya berharap nantinya kepala desa transparan dengan masyarakat terkait hasil yang didapat,” harap Agati.

Kasubdit Sumber Daya Air Pertanahan dan Maritim Kementerian Desa PDTT RI, Eni Kusumastuti, mengatakan, bantuan program bioflok tahun 2018 tersebar di 9 provinsi, salah satunya di Desa Bunga Mawar Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Dalam program bioflok, selain memberikan bantuan bibit ikan jenis lele juga ada bantuan mesin pompa air, kolam, pakan dan motor tiga roda. “Kita siapkan motor tiga roda ini untuk memasarkan hasilnya. Dan, untuk pengawasan, pembinaan dan pengembangannya kita harapkan pihak pemda setempat,” ujar Eni.