Okky Asokawati: Legalisasi Ganja Medis Harus Dikaji Sesuai Norma Sosial di Indonesia

Dibutuhkan kajian yang mendalam sebagai dasar keputusan negara atas ide legalisasi ganja untuk kepentingan medis yang belakangan ramai menjadi pro dan kontra di ruang publik.

Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai Nasdem Okky Asokawati mengatakan, legalisasi ganja tidak sekadar urusan medis semata. Tetapi, perlu diselaraskan dengan norma-norma di lingkungan sosial Indonesia.

“Kami mendorong agar gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis ini agar dikaji dari pelbagai sudut pandang. Ada aspek agama, hukum, termasuk budaya Indonesia. Jadi harus komprehensif,” ujar Okky Asokawati kepada wartawan, Senin (4/7).

Okky mengaku, menyambut positif respons sejumlah pihak seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) termasuk DPR dalam merespons gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis.

Dia berharap, DPR dan pemerintah bisa bergerak cepat untuk merespons aspirasi yang muncul di tengah publik.

“Fakta bahwa ganja dapat dijadikan untuk kepentingan medis harus diakomodasi melalui pembahasan dan kajian yang mendalam,” katanya.

Pada sisi yang lain, kata Okky, perlu disiapkan langkah pengawasan ketat jika pada akhirnya ganja medis dilegalkan.

“Jika skenario ganja dilegalkan untuk kepentingan medis, harus dikelola dengan ketat penggunaannya agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan di luar medis,” pungkasnya.(Sumber)