Rabbani Tasnim Hattrick, Timnas U19 Pesta Gol 5-1 Atas Filipina di Penyisihan Piala AFF

Timnas U-19 Indonesia mengalahkan Filipina dalam matchday keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Jumat (6/7). Skornya 5-1.

Gol Indonesia dicetak oleh Rabbani Tasnim (15′, 41′, 49′), Alfriyanto Nico (27′), dan Teuku Razzaa (70′). Gol Filipina dicetak oleh Justin Lawrence (29′).

Dengan hasil ini, Timnas U-19 ada di urutan 3 dengan 8 poin, terpaut 2 poin dari Vietnam dan Thailand. ‘Garuda Muda’ akan melawan Myanmar pada Minggu (10/7) dalam matchday terakhir.

Starting XI Timnas U-19 Indonesia vs Filipina
Indonesia XI: Cahya Supriadi, Kadek Arel Priyatna, Muhammad Ferarri (kapten), Marcell Januar Putra, Edgard Amping, Frezy Al-Hudaifi, Ferdiansyah Cecep Surya, Zanadin Fariz, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico Saputro, Rabbani Tasnim Siddiq.

Filipina XI: Lance Bencio, Zachary Taningco, Jaime Posquillo (kapten), Cian Gabriel Galsim, Dov Anthony, Antoie Ortega, John Dale, Justin Lawrence, Kamil Jaser, Andres Rafael, Uriel Reyes.

Jalannya Laga Timnas U-19 Indonesia vs Filipina

Di menit 2, Marcell melakukan salah umpan, bola direbut pemain Filipina. Beruntung, posisi masih jauh dari kotak penalti dan bola bisa diantisipasi oleh Ferarri.

Edgar melepas tendangan jarak jauh di menit 5. Sayang, bola tendangannya jauh di atas mistar Filipina.

Di menit 8, Timnas U-19 Indonesia mendapat peluang emas. Subhan melepas umpan silang lambung, bola disundul Edgar di kotak penalti, tetapi arahnya masih melebar tipis dari kanan gawang Filipina.

Di menit 12, dengan memanfaatkan umpan lambung, Arel menyundul bola dengan akurat. Bola bisa ditangkap oleh Lance.

Di menit 14, Jaime menjatuhkan Subhan di kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih. Rabbani yang menjadi eksekutor sukses mencetak gol semenit setelahnya. 1-0.

Di menit 24, Marcell melakukan salah umpan di dekat kotak penalti Timnas U-19 Indonesia. Beruntung, pemain Filipina yang kemudian merebut bola melakukan pelanggaran.

Timnas U-19 Indonesia mencetak gol lagi di menit 27. Rabbani melepas umpan terobosan datar, Nico lalu mendribel bola ke kotak penalti dan melepas tendangan akurat ke gawang Filipina. 2-0.

Filipina mencetak gol di menit 29. Berawal dari lemparan dari Ortega ke dalam ke arah kotak penalti Indonesia, terjadi kemelut, dan Justin mampu melepas tendangan yang jadi gol. 2-1.

Timnas U-19 Indonesia kembali mendapat hadiah penalti di menit 40. Ortega terpeleset dan efeknya menjatuhkan Fariz dari belakang, wasit menunjuk titik putih. Semenit kemudian, Rabbani yang jadi eksekutor sukses mencetak gol. 3-1.

Timnas U-19 Indonesia mencetak gol di menit 49. Rabbani mencetak hattrick usai sundulannya menghujam gawang Filipina. 4-1.

Rabbani lalu tergeletak di menit 55. Ia harus ditandu, digantikan Teuku Razzaa di menit 56.

Terjadi insiden di menit 69. Di tepi lapangan, Nico menendang bola dengan keras dan tepat kena wajah Ortega, alhasil Ortega kesakitan. Nico langsung mendekatinya untuk minta maaf.

Razzaa mencetak gol di menit 70. Memanfaatkan umpan silang datar Nico, ia melepas sepakan akurat di kotak penalti Filipina. 5-1.

Hal yang mengkhawatirkan dari laga ini adalah banyaknya pemain Indonesia yang tumbang karena keram atau cedera, seperti Rabbani, Nico, hingga Zanadin. Jadwal padat jelas memengaruhi itu semua.

Tidak ada gol lagi tercipta hingga bubar. Timnas U-19 menang 5-1.(Sumber)