News  

Hikmahanto Juwana: Fenomena yang Terjadi di Dunia Hari Ini, Seperti Krisis Asia 98

Gurubesar Hukum Internasional Universitas Indonesia Profesor Hikmahanto Juwana/Net

Krisis ekonomi global yang terjadi saat ini membuat masyarakat dunia mulai berani untuk melakukan tindakan melawan hukum terhadap negaranya sendiri.

Hal ini tercermin dalam dua peristiwa, yakni penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan aksi massa di rumah Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Gurubesar Hukum Internasional Universitas Indonesia Profesor Hikmahanto Juwana mengatakan, peristiwa penembakan mantan PM Jepang Shinzo Abe bisa jadi bentuk awal kekerasan politik yang memantik kemarahan masyarakat akibat adanya sentimen negatif terhadap pemerintah.

“Fenomena ke arah sana (kekerasan politik) ada ya. Soalnya si penembak kan merasa ibunya bangkrut karena agama tertentu yang dekat dengan politisi,” ucap Hikmahanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (10/7).

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani ini juga melihat fenomena serupa di Sri Lanka. Di mana protes dari rakyat berakibat rumah presiden Sri Lanka diduduki massa karena kegagalan pengelolaan negara hingga terjebak pada krisis.

“Fenomena ini seperti krisis ekonomi di Asia 98 tapi sekarang di dunia,” ucapnya.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 dan juga perang yang terjadi di Ukraina menjadi penyumbang kegalauan masyarakat dunia terkait kondisi ekonomi yang fluktuatif.

“Krisis yang dipicu oleh pandemi Covid 19 dan sekarang perang di Ukraina. Ini telah memunculkan stagflasi perekonomian dunia,” pungkasnya.(Sumber)