News  

Chairul Tanjung Ungkap Ada Pengusaha Miliki Harta Triliunan Rupiah Tak Tersentuh Pajak

Chairul Tanjung

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengungkap ada pengusaha kelas kakap dengan harta triliunan rupiah yang belum tersentuh pajak.

Hal tersebut disampaikan langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo.

Menurut dia, para pengusaha ini memiliki harta miliaran hingga triliunan rupiah yang berasal dari usahanya. Namun, hingga saat ini tidak pernah membayar pajak.

“Kita tahu ada pengusaha-pengusaha yang nggak dikenal orang, usahanya juga nggak pernah diketahui.

Tapi saya tahu persis karena saya perbankan. Uangnya ratusan miliar dan triliunan. Uang saya dan uang dia, banyakan uang dia. Tapi mereka ini belum tersentuh (pajak),” katanya, Selasa (19/7).

Ia menilai inilah PR ke depan yang harus dikerjakan oleh Sri Mulyani dan Suryo. Dalam kesempatan ini, ia juga menekankan agar keduanya bisa mencari pengusaha besar tersebut sebagai sasaran, sehingga tak lagi seperti berburu di kebun binatang.

Dalam hal ini artinya, agar DJP tidak hanya mengumpulkan pajak dari pengusaha-pengusaha yang selama ini taat membayar. Tapi mencari sasaran baru agar penerimaan pajak lebih besar.

“Kembali kita berharap jangan berburu di kebun binatang saja, sekali-kali di hutan juga. Karena kalau di kebun binatang lama-lama stres juga kita,” terang dia.

Sri Mulyani pun langsung menanggapi pernyataan CT. Ia menganalogikan bahwa perlu menarik pajak seperti berburu di kebun binatang.

Namun, tentu saja pemerintah akan melihat kondisi pelaku usaha tersebut. Jika lagi stres atau terpuruk, maka dibantu. Sebaliknya, yang sedang untung akan jadi sasaran pajak.

“Dunia lagi stres, pengusaha ada yang stres dan ada yang boom juga. Jadi, kebun binatangnya ada yang bagian stres dan bagian sedang pesat juga. Jadi, kita nggak ‘gebyah uyah’,” tandas Sri Mulyani

(Sumber)