News  

Hujan Cahaya di Langit Kalimantan, Malaysia Sebut Serpihan Roket Milik China

Warga Kalimantan Barat dihebohkan dengan jatuhnya benda dari langit yang mengeluarkan cahaya, tepatnya di langit bagian utara Pulau Kalimantan, pada Sabtu malam, sekitar pukul 11.45 WIB.

fenomena tersebut juga terekam oleh warga sambas, yang kemudian diunggah di akun Instagram @beritasambas.

Bahkan penduduk Sibu, Sarawak, Malaysia, juga melihat fenomena tersebut. Agensi Angkasa Malaysia (MYSA) yang merupakan bagian dari Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia (MOSTI), mengklaim hujan cahaya tersebut berasal dari serpihan roket milik China.

Dalam sebuah pernyataan, Malaysia menyebut, cahaya di langit tersebut merupakan benda yang merupakan pecahan dari roket long march 5B milik China yang diluncurkan dari Pusat Peluncuran Angkasa Wenchang di China Selatan.

Malaysia meminta warganya, khususnya di wilayah Sarawak, untuk menjauhi serpihan tersebut, karena berpotensi menimpa kawasan berpenduduk.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Hi!Pontianak, serpihan roket China tersebut melintasi sebagian besar wilayah Amerika Serikat, Afrika, Australia, Brazil, India dan Asia Tenggara. Berat roket bertipe pengangkut tersebut dilaporkan mencapai 23 ton.(Sumber)