Partai Kebangkitan Nusantara Yang Didirikan Para Loyalis Anas Urbaningrum Daftar ke KPU

Komisioner KPU August Mellaz bersama Parsadaan Harahap memberikan konferensi pers terkait Pendaftaran Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang didirikan oleh para loyalis Anas Urbaningrum, akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022. Anas adalah bekas Ketua Umum Partai Demokrat yang kini diterungku atas kasus korupsi.

“Terjadwal Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) akan mendaftar pada pukul 14.00,” ujar Komisioner KPU August Mellaz, Selasa, 2 Agustus 2022.

PKN saat ini dipimpin Gede Pasek Suardika. Sebelum menjadi ketua umum PKN, Pasek menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Hanura. Pada Oktober 2021, ia mundur dari partai tersebut dan mendirikan PKN.

Pasek merupakan mantan politikus Partai Demokrat di bawah Anas pada 2010. Pasek mendirikan PKN pada akhir 2021 silam. PKN telah dinyatakan sah dan memiliki badan hukum oleh Kemenkumham.

Menurut Pasek, mereka telah meminta restu Anas untuk mendirikan partai anyar ini. “Posisi kami adalah datang ke beliau minta doa restu, kami diskusi,” ujar dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 November 2021.

Pasek mengakui memang banyak loyalis Anas Urbaningrum dan mantan kader Demokrat yang bergabung dan menjadi pengurus Partai Kebangkitan Nusantara.

Selain mantan kader Demokrat, kata dia, adapula bekas kader Partai Hanura, ormas Perhimpunan Pergerakan Indonesia, dan aktivis Cipayung.(Sumber)