Tumbangkan Jepang 3-1, Qatar Juara Piala Asia 2019

Timnas Qatar untuk kali pertamanya menjadi juara Piala Asia. Qatar menjadi juara setelah berhasil menghajar Jepang dengan skor telak 3-1 di partai final Piala Asia.

Pada final yang berlangsung di Zayed Sports City Stadium, Jumat (1/2/2019) malam WIB,  Qatar sudah lebih dulu unggul lewat gol Almoez Ali pada menit ke-12.

Gol itu sekaligus menjadi gol kesembilan Ali pada Piala Asia tahun ini. Almoez Ali membuat gol indah lewat tembakan akrobatik yang membelakangi gawang.  Setelah mendapatkan umpan dari Akram Afif dengan kaki kirnya, Ali yang dikawal Maya Yoshida lantas menyentuh bola lagi dua kali dengan kaki kanan sebelum menjebol gawang Jepang.

Laga belum genap berjalan setengah jam, Qatar sudah menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-27. Golnya pun terbilang cantik ketika Afif menyodorkan kepada Abdulaziz Hatem di depan kotak penalti dan diakhiri sepakan terukur ke tiang jauh gawang Shuichi Gonda.

Setelah unggul dua gol tersebut, Qatar relatif nyaman menguasai pertandingan dan sempat menciptakan beberapa peluang. Salah satunya lewat sepakan Hasan Al Haydos yang membentur tiang gawang.

Masuk di babak kedua, Jepang coba mengambil inisiatif serangan lebih dulu tapi pertahanan Qatar terlalu sulit ditembus. Namun, Jepang akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-69 lewat Takumi Minamino.

Serangan yang dibangun Jepang akhirnya mampu menembus pertahanan Qatar setelah permainan umpan pendek di kotak penalti membuat Minamino tinggal berhadapan dengan Saa Al Sheeb dan mencungkil bola ke dalam gawang.

Ini adalah gol pertama yang bersarang di gawang Qatar dalam turnamen ini setelah melewati tujuh pertandingan. Gol yang kemudian menghidupkan asa Jepang untuk bangkit.

Akan tetapi, handball kapten Maya Yoshida di dalam kotak penalti dalam situasi tendangan penjuru itu membuat Qatar mendapatkan penalti pada menit ke-82. Wasit Ravshan Irmatov sempat melihat VAR sebelum memberikan hukuman penalti, yang kemudian berhasil dieksekusi sempurna oleh Afif.

Qatar akhirnya dapat mempertahankan keunggulan 3-1 dan keluar sebagai Pemenang Piala Asia untuk kali pertamanya. Sementara, timnas Jepang harus menderita kekalahan pertama di laga final, setelah empat partai puncak sebelumnya selalu dituntaskan dengan kemenangan. [sumber]