News  

Ini Para Pemenang Penghargaan Achmad Bakrie XVIII 2022

Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVIII hadir kembali dengan lima kategori penghargaan setelah sempat absen dua tahun karena pandemi covid-19.

Acara penghargaan kali ini spesial karena hadir dengan lima penghargaan bertepatan dengan HUT RI ke-77 sekaligus memperingati HUT ke-80 kelompok usaha Bakrie.

Menurut Pengarah Penghargaan Achmad Bakrie 2022, Anindya Novyan Bakrie PAB kali ini sudah hampir dua dekade.

“PAB ke 18 sudah hampir dua dekade. Kami ingin sampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Bersamaan dengan HUT kelompok usaha Bakrie ke – 80” kata Anindya saat memberikan sambutan PAB di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (14/8/2022).

Tema kali ini “Generasi Bangun Negeri”. Bertepatan dengan menyongsong HUT Indonesia tanggal 17 Agustus 2022.

Sedangkan tokoh pendiri Kelompok Usaha Bakrie, Aburizal Bakrie menyebut tahun ini merupakan pembuktian dan bisa dilihat sejumlah orang membaktikan hidupnya kepada negara.

“Kita melihat juga orang – orang yang membaktikan hidupnya pada negara ini pada masyarakat. Kita melihat pada saat pandemi mereka ada yang paling depan,” sebut Aburizal usai acara PAB.

Penerima PAB XVIII 2022 ini adalah:

1. Nirwan Dewanto (Sastra)

Untuk aneka karya yang secara sadar membebaskan diri dari batasan sejarah sastra nasional, dan yang mengolah khazanah Indonesia dengan cara yang peka pada perkembangan sastra dunia.

2. Mohtar Mas’oed (Pemikiran Sosial)

Untuk kepeloporan pendekatan analisis struktural non-Marxian atas kenyataan ekonomi-politik di Indonesia dan dunia internasional yang memperkaya khazanah pemikiran akademik tanah air.

3. Tim Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia (Sains): Adhi Agus, Pindi Setiawan, Basran Burhan, Budianto Hakim, Dan Rustan LP. Santari.

Untuk rentetan temuan aneka lukisan figuratif tertua di dunia, di gua purba Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan yang menggeser paradigma arkelogi Indonesia dan memperkaya pengetahuan tentang evolusi kognitif di Bumi.

4. Erlina Burhan dan Tonang Dwi Ardyanto (Kedokteran)

Untuk sumbangsih sinergis antara bidang klinis-epidemologis dan pulmonologis-kesehatan publik yang membantu Indonesia menghadapi pandemi global Covid-19 dengan hasil yang dipujikan oleh dunia internasional.

5. R. William Liddle (Ilmuwan Internasional Berjasa Untuk Indonesia)

Untuk pengabdian intelektual sepanjang enam dekade menelaah aneka perkembangan politik dan pelembagaan demokrasi, disertai kerja membangun generasi baru ilmuwan politik di Indonesia.

PAB diselenggarakan atas kerja sama Yayasan Achmad Bakrie bekerjasama dengan Freedom Institute dan Kelompok Usaha Bakrie.PAB sudah berusia 20 tahun ini kembali digelar dan menjadi tradisi tahunan yang akan terus dilanjutkan.

Sejumlah tokoh hadir dalam acara ini, diantaranya Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Perekenomian Airlangga Hartarto, dan Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan.