Gagal Podium di F1 GP Belanda 2022, Lewis Hamilton Salahkan George Russell

MOTOR-F1-NETHERLANDS/

Pembalap Tim Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, merasa kesal dengan rekan setimnya George Russell yang saling berebut masuk pit saat balapan Formula One (F1) GP Belanda 2022 berlangsung, pada Minggu 4 September 2022.

Pasalnya gara-gara Russell didahulukan, ia pun telat mengganti ban dan peluangnya finis di podium sirna karena insiden tersebut.

Seperti yang diketahui, Hamilton berambisi untuk bersaing secara lebih baik di Sirkuit Zandvoor, Belanda. Namun pada pelaksanaannya, dia merasa dihalangi rekan setimnya, George Russell.

Russell finis di posisi kedua pada balapan F1 GP Belanda 2022, tepat di belakang pesaing terberatnya Max Verstappen (Red Bull Racing). Sementara Hamilton mengakhiri balapan di peringkat keempat.

Pada saat balapan, Verstappen mengubah ban baru ketika adanya safety car di tengah race. Russell lantas khawatir pembalap Red Bull itu menjadi lebih cepat setelahnya, akhirnya ia juga memutuskan mengganti ban.

Tapi di saat bersamaan, di belakangnya, Hamilton juga ingin mengganti bannya demi turut bersaing di posisi depan. Merasa tidak diprioritaskan, Hamilton pun geram melalui radio tim.

“Saya tidak percaya kau mempermainkan saya seperti itu. Saya tidak bisa menggambarkan betapa kesalnya saya,” kata Hamilton di radio, melansir dari Formula1 News, Selasa (6/9/2022).

Usai marah-marah, balapan nyatanya tetap berlanjut. Namun karena insiden itu, Russell pada akhirnya mengakhiri balapan di posisi kedua dan Hamilton di posisi keempat.

Dalam posisi itu, seandainya Russell tidak memutuskan ganti ban, bisa saja kedua pembalap ini berakhir di posisi ketiga dan keempat.

Kenyataannya, sebelum Russell bergabung dengan tim, Hamilton diprioritaskan oleh Mercedes. Laman Formula1news melaporkan bahwa tidak diragukan lagi dia sangat ingin Valtteri Bottas kembali menggantikan Russell.

Tapi bagaimanapun keputusan mengganti ban itu benar-benar permintaan dari Russell. Bukan dari tim yang memprioritaskan satu sama lainnya.

Karena itu, Hamilton hanya menyalahkan dirinya sendiri karena finis di belakang rekan setimnya itu. Dia pun berharap bisa tampil lebih baik lagi di balapan berikutnya.

Kendati demikian, ada isu yang menyebut Hamilton mau Mercedes memecat Russell dan mendatangkan kembali Valtteri Bottas. Sebab Hamilton lebih merasa bisa bekerja sama dengan Bottas ketimbang Russell.(Sumber)