Viral! Fuyu Iwasaki, Pebulutangkis Berdarah Jepang Yang Membela Indonesia

Nama Fuyu Iwasaki sempat viral dalam beberapa hari ini di kalangan pencinta bulu tangkis. Sebab, pemain berdarah Jepang itu tampak akan mewakili untuk Indonesia di Vietnam Open yang akan digelar 27 September-2 Oktober 2022.

Dalam situs web resmi BWF, nama Iwasaki disandingkan dengan bendera Indonesia untuk Vietnam Open 2022. Ia akan melawan pebulu tangkis tunggal putri ‘Merah Putih’ lainnya, Ruselli Hartawan, di babak 32 besar.

Namun sepertinya, duel Iwasaki vs Ruselli tak akan terlaksana di Vietnam Open. Sebab, pada nama Iwasaki tertulis keterangan ‘BYE’, yang berarti Ruselli memilih mundur.

Selain itu, Iwasaki juga tertulis akan bermain ganda putri bersama Dhea Bunga Anjani. Ia dan mitranya juga tampaknya akan melaju cuma-cuma ke 16 besar usai pasangan tuan rumah, Thi Phuong Hong Dinh/Pham Thi Khanh, juga mundur.

Tahun 2022 bukanlah tahun debut Fuyu Iwasaki menjadi pebulu tangkis yang mewakili Indonesia. Sebelumnya, pada 2019, ia dan Dhea turun sebagai ganda putri RI di Mongolia International Challenge, Akita Masters, Macau Open, dan Syed Modi International.

Iwasaki/Dhea selalu kalah di babak pertama. Salah satu lawan yang mengalahkan mereka adalah Nita Marwah/Putri Syaikah di Akita Masters.

Pada 2016, Iwasaki masih membela Jepang dalam sejumlah turnamen junior. Artinya, ada kemungkinan pemain kelahiran 21 Desember 1998 itu berpindah negara pada 2017 atau 2018.(Sumber)