Mulai Jarang Menang, Marcus/Kevin Diprediksi Lengser Dari Ranking 1 Dunia Setelah Bertahan 4 Tahun

Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo diprediksi bakal lengser dari peringkat satu dunia versi BWF pada pekan depan. Selama empat tahun lebih Minios menempati posisi puncak sektor ganda putra dunia, namun karena mereka jarang menang akhir-akhir ini maka membuat status mereka tersebut terancam hilang.

Pada pekan ini, Marcus/Kevin memang masih berada di posisi pertama dalam ranking dunia BWF per 13 September 2022 dengan perolehan 104,727 poin. Tapi raihan poin tersebut selisih tipis dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) yang berada di urutan kedua dengan koleksi 102,050.

 

Sayangnya, pada pekan depan, tepatnya pada 20 September 2022 mendatang, perolehan Marcus/Kevin akan berkurang dan mereka terpaksa turun takhta. Hal itu tidak terlepas dari pencairan ranking yang dilakukan BWF sejak Agustus lalu, ditambah performa Marcus/Kevin yang sedang ada di masa sulit dalam dua tahun ke belakang.

 

 

Marcus/Kevin

Seperti diketahui, sejak adanya pandemi Covid-19 pada 2020, penampilan Marcus/Kevin memang sedikit menurun. Mulai dari terlambat ikut turnamen di tahun itu karena Kevin dinyatakan positif. Kemudian mereka absen di All England 2021 karena tim Indonesia diusir pihak penyelenggara imbas berada satu pesawat dengan penderita Covid-19.

Meski sempat comeback di Olimpiade Tokyo 2020, tapi mereka tersingkir di perempat final. Akan tetapi, pada akhir tahun lalu, Marcus/Kevin sempat bangkit dengan menembus lima final beruntun, dengan dua di antaranya meraih gelar juara. Tapi sayang, momen itu patah saat tim Indonesia absen di Kejuaraan Dunia 2021 karena kasus Omicron.

 

Di tahun ini, pasangan ini dilanda masalah cedera yang menimpa Marcus Gideon. Selain absen di turnamen-turnamen besar, mereka juga belum beruntung ketika tampil di Kejuaraan Dunia 2022 dan Japan Open 2022.

 

Meski begitu, ranking Marcus/Kevin masih berada di peringkat pertama dunia terhitung hingga hari ini Selasa (13/9/2022). Sebab, BWF masih menghitung poin turnamen dari 2019 yang mana menjadi tahun terakhir Marcus/Kevin berjaya.

Namun secara bertahap, BWF sudah mulai menghapus poin turnamen-turnamen lama sejak Agustus 2022. Posisi Marcus/Kevin pun mulai tergerus oleh ganda putra lainnya yang lebih konsisten.

Marcus/Kevin

Adapun poin yang dihapus pekan depan adalah dari turnamen pekan ke-40, 41, 42, dan 43 pada 2019 lalu. Pada rentan pekan tersebut, Minions sukses keluar sebagai juara di dua turnamen besar yakni Denmark Open dan Prancis Open 2019. Alhasil pada pekan depan, mereka akan kehilangan 22.000 poin dan diganti dengan poin yang lebih kecil.

Karena itu, pada pekan depan perolehan Marcus/Kevin akan berada di angka 100.327 poin. Sementara Hoki/Kobayashi yang tak memiliki catatan apik pada 2019 tidak mengalami gangguan apa pun dengan penghapusan tersebut.

Hoki/Kobayashi masih akan tetap mengumpulkan sebanyak 102.050 poin. Secara otomatis pula mereka akan naik ke posisi puncak melewati Marcus/Kevin.(Sumber)