Simak! 10 Fakta Menarik Tentang Korea Utara

Siapa yang tidak kenal dengan negara Korea Utara? Salah satu negara yang terkenal akan kebijakannya yang terbilang ‘kejam’ dibandingkan dengan negara lain ini memang selalu menarik perhatian. Kehidupan di Korea Utara tidak mudah dilihat dan terekspos keluar, menjadikan negara ini sebagai salah satu negara yang sangat tertutup. Sehingga tidak membiarkan informasi lain bocor keluar atau pun sebaliknya.

Korea Utara merupakan negara yang terletak di Asia Timur, yang memiliki ibukota bernama Pyongyang dan berseberangan dengan Korea Selatan. Negara ini memang terkenal memiliki peraturan yang nyeleneh dan berbeda jauh dengan negara lainnya. Salah satu negara dengan penganut paham komunis ini, memiliki banyak keunikan yang juga fakta-fakta yang mungkin jarang Anda temui.

Berikut ini deretan Fakta Korea Utara yang menarik dan mencengangkan:

1. Tidak Merayakan Natal

Korea Utara merupakan salah satu negara yang tidak merayakan Natal atau perayaan Christmas. Karena negara ini masuk ke dalam paham Komunis yang tidak merayakan berbagai hari agama. Sebagai gantinya, dia memperingati hari kelahiran ibu Presiden Kim Jong-Il pada tanggal 24 Desember setiap tahunnya.

2. Menyembah Kim Jong-Il

Negara ini masuk ke dalam salah satu penganut komunis, namun Korea Utara secara resmi menyembah Kim Jong-il, pemimpin de facto Korea Utara. Pemimpin resmi adalah masih ayahnya Kim il-sung yang meninggal pada tahun 1994. Menurut cerita penduduk Korea sendiri bahwa Kim Il Sung lahir di Gunung Paektu seperti Dewa mistis. Karena berdasarkan cerita masyarakat Korea Utara, bahwa gunung tersebut masuk ke dalam gunung keramat yang sangat penting dalam menjaga Korea Utara. Namun laporan Rusia memperlihatkan bahwa Kim Il Sung sebenarnya lahir di Siberia.

3. Padat Penduduk

Pada bulan Juli 2010, penduduk Korea Utara berjumlah 22 juta menjadikan Korea Utara sebagai negara berpenduduk terbanyak kelima di dunia. Amerika adalah negara berpenduduk terbanyak ketiga dan juga China merupakan penduduk terbanyak pertama yang ada dengan jumlah 1 miliar. Tentu saja hal ini cukup mencengangkan, mengingat negara kota Korea Utara sendiri masuk ke dalam negara yang cukup kecil dan tertutup akan informasi kependudukannya. Selain itu banyak informasi yang mengatakan memang Korea Utara tidak melakukan pengontrolan kelahiran.

4. Bendera Korea Utara

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui mengenai bendera Korea Utara. Bendera ini telah digunakan pada tahun 1948 dan bergambar bintang merah di dalam pita merah besar dan 2 pita putih dan biru yang lebih tipis di atas dan di bawahnya. Bintang merah ini melambangkan sosialisme, sedangkan pita merah menimbulkan revolusi untuk pita putih dan memberikan arti kesucian, kekuatan, serta gengsi. Untuk pita biru melambangkan kedaulatan, kedamaian, serta persahabatan. Bendera Korea Utara termasuk salah satu bendera yang berkibar di setiap sudut di negaranya. Sehingga Anda sangat mudah melihat bendera Korea Utara dikibarkan di seluruh negara tersebut.

5. Strata Sosial

Korea Utara memang terkenal dengan negara lain yang termasuk salah satunya mengenai teori masyarakat sosialis yang egaliter. Korea Utara membagi penduduk menjadi tiga kelas sosial yakni kelas royal atau orang teratas, yaitu keluarga dari pahlawan Perang. Kelompok biasa dan juga kelompok tidak loyal yaitu mereka yang memihak Jepang sebelum perang dunia ke-2 atau anggota keluarganya melarikan diri dari Korea Utara. Perang dengan kelompok tidak loyal dipaksa bekerja di pertambangan atau pertanian. Sehingga mereka akan memberikan penghasilan kepada Negara. Meskipun sudah tersiksa namun banyak masyarakat korea Utara yang kabur dan melarikan diri ke negera lain dan yang terdekat Korea Selatan.

6. Mata uang Korea Utara

Informasi selanjutnya yang harus Anda ketahui, mata uang dari Korea Utara adalah Won dari Yuan Cina dan Yen Jepang. Hal ini digunakan dalam usaha mengontrol pasar swasta. Pada tahun 2009 Korea Utara menilai ulang uang dengan uang kertas seribuan menjadi uang kertas 10 Won, dan membatasi ketat jumlah mata uang lama yang akan digunakan. Gerakan ini ternyata efektif untuk merusak banyak rekening tabungan orang. Namun di sisi lain Korea Utara juga mencoba untuk menyeimbangkan keuangan yang mereka miliki. Korea Utara juga memiliki sumber daya yang cukup banyak.

7. Tidak Bisa Selfie

Jika Anda sedang berkunjung ke Korea Utara, Maka jangan harap Anda bisa bersua foto dengan santai atau memfoto berbagai area dengan menggunakan kamera video. Sebab jika Anda ketahuan mengambil foto tanpa izin dari pihak yang bersangkutan, maka Anda akan dijatuhi dengan hukuman yang cukup berat dari Korea Utara sendiri.

Korea Utara termasuk salah satu negara yang tidak sembarangan membiarkan negaranya terekspos di dunia luar. Sehingga mereka yang datang berkunjung ke Korea Utara dilarang untuk mengambil foto dan juga mengambil video. Terutama mengabadikan berbagai kegiatan masyarakat Korea atau pemerintahnya.

8. Terowongan Rahasia

Informasi yang jarang diketahui selanjutnya adalah Korea Utara tercatat pernah membuat terowongan untuk memata-matai Korea Selatan pada tahun 2014 lalu. Bagaimana cara membuat terowongan yang kabarnya dapat menembus hingga Korea Selatan dan perbuatannya ini diketahui oleh pihak Korea Selatan. Namun Korea Utara beralasan bahwa penggalian terowongan tersebut dilakukan untuk mencari batu bara. Di sisi lain terowongan ini sering kali dimanfaatkan untuk masyarakat Korea Utara yang nekat untuk kabur dan berpindah ke negara Korea Selatan. Alasan umumnya tentu saja mereka tidak dapat hidup di negara yang tertutup dan dibatasi sangat ketat.

9. Model Rambut

Jika Anda tinggal di Korea Utara, maka tidak boleh bebas mengganti rambut sesuai seperti yang ada di Indonesia. Anda hanya bisa memilih satu dari 28 model rambut yang ada dan yang disediakan. Umumnya model rambut yang banyak diberikan seperti halnya bentuk model rambut presiden mereka yaitu Kim Jong Un. Di sisi lain para pemangkas rambut juga tidak boleh sembarangan membentuk atau membuat model terbaru untuk masyarakat.

10. Kejam dan Mengerikan

Informasi terakhir yang harus kamu ketahui adalah warga Korea Utara yang kabur ke Korea Selatan, akan disebut sebagai penghianat. Negara di mana warga tersebut akan menggambarkan kehidupan penjara pemerkosaan kerja paksa, pembunuhan bayi, dan percobaan medis yang sering terjadi pada manusia. Selain itu meskipun Korea Utara memiliki banyak sumber daya mineral, namun Korea Utara juga memiliki senjata nuklir yang dianggap sebagai salah satu negara nuklir yang paling ditakuti di dunia. Hal ini menjadikan mereka memimpin masyarakat atau rakyat mereka dalam sistem otoriter sehingga banyak warga Korea Utara merasa hidup dalam ketakutan dan tidak merasa bebas. [detik]