News  

KBRI Malaysia: Prof Azyumardi Azra Meninggal Dunia Karena Kelainan Jantung

Ketua Dewan Pers sekaligus guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Azyumardi Azra, meninggal dunia di Kuala Lumpur, Malaysia. KBRI Malaysia dalam keterangannya mengkonfirmasi Azra meninggal karena terdapat kelainan pada jantung.

Azra dinyatakan meninggal dunia pada 18 September 2022, pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur. Ia mengembuskan napas terakhirnya di RS Serdang, Selangor, Malaysia.

“Pihak Rumah sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu: Acute Inferior Myocardial Infarction atau terdapat kelainan pada jantung. Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU),” tulis keterangan pers KBRI Malaysia, Minggu (18/9).

Pihak KBRI menerangkan Azra dirawat intensif di RS Serdang sejak 16 September 2022 setelah mengalami sesak napas dalam penerbangan dari Indonesia menuju Kuala Lumpur.

Saat akan tiba di bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA), almarhum sempat berkomunikasi dengan pihak Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) yang melakukan penjemputan. Ia lalu dibawa menuju RS Serdang untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Dalam masa perawatan, pihak tim medis Rumah Sakit Serdang menyampaikan beliau terdapat gangguan jantung sehingga memerlukan perawatan khusus di CCU. Pihak rumah sakit menyampaikan telah berupaya memberikan penanganan medis bagi kesembuhan almarhum,” tulis KBRI Malaysia.

Prof Azyumardi Azra datang ke Malaysia untuk menjadi nara sumber Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor, Malaysia, 17 September 2022. Acara itu diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

KBRI Malaysia memastikan pihaknya terus melakukan pendampingan selama Azra dirawat. Dalam masa perawatan Azra juga sempat dijenguk oleh tokoh pers Malaysia.

Istri dan anak Azra juga telah berada di Malaysia pada 17 September 2022.

“Saat ini KBRI Kuala Lumpur sedang menguruskan penanganan jenazah lebih lanjut,” tulis KBRI Malaysia.(Sumber)