News  

Jokowi Pastikan Tak Ada Penghapusan Daya Listrik 450 VA dan Pengalihan ke 900 Va

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak ada penghapusan daya listrik subsidi 450 volt ampere (VA) dan juga pengalihan ke kategori 900 VA.

“Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk yang 450 tidak ada juga perubahan dari 450 ke 900, tidak ada,” ucapnya usai peresmian Jalan Tol Cibitung – Cilincing dan Serpong – Balaraja Seksi I di Kab. bekasi, Selasa (20/9).

Pun Kepala Negara juga mengatakan kedua opsi tersebut mengenai subsidi listrik juga tidak pernah dibahas dalam rapat bersama para menteri.

“Enggak pernah, enggak pernah bicara itu,” tambah Jokowi.
Dengan demikian, Presiden mengatakan subsidi listrik masih akan tetap diberikan kepada rumah tangga yang memiliki daya 450 VA. Ia juga berharap masyarakat jangan resah atas pernyataan penghapusan tersebut.

“Saya sampaikan tidak ada. subsidinya untuk yang 450 tetap dan tidak ada penghapusan 450, tidak ada perubahan dari 450 ke 900 enggak ada,” katanya.

“Jangan sampai yang di bawah resah gara-gara statemen mengenai itu,” lanjut Presiden.
Sebelumnya usulan penghapusan dan pengalihan daya listrik 450 VA mencuat dari rapat Banggar DPR bersama pemerintah beberapa waktu lalu.

Ketua Banggar DPR Said Abdullah mengatakan, kebijakan ini dinilai dapat menjadi solusi oversupply atau kelebihan pasokan listrik yang sedang dialami PT PLN (Persero).

Menurutnya, kebijakan tersebut kurang cocok karena dapat memberatkan masyarakat yang harus pindah daya ke 900 VA. Terlebih di saat pemerintah baru saja menaikkan harga BBM.(Sumber)