News  

Anies Baswedan Siap Nyapres, Pangi Syarwi Chaniago: Harusnya Parpol Punya Sense of Politics

Kesiapan figur non partai politik (parpol) seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, merupakan satu figur politik yang seharusnya mendapat respons positif dari parpol-parpol yang bisa mengusung capres.

Begitu pendapat CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (24/9).

“Apa yang disampaikan Anies Baswedan bahwa beliau siap maju, tapi itu semua kembali ke pangkal yakni partai politik,” ujar Pangi.

Dosen politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini memandang, Anies merupakan salah satu figur potensial yang memiliki basis dukungan.

“Statment Anies Baswedan membuktikan bahwa beliau pada akhirnya ‘menyerahkan’ nasibnya ke tangan partai politik meskipun punya bobot elektoral papan atas,” sambungnya.

Namun, Pangi melihat parpol-parpol yang memiliki kecukupan untuk mengusung capres-cawapres masih penuh pertmbangan untuk memutuskan capres ataupun cawapres yang akan maju di Pilpres 2024, padahal di depan mata sudah ada Anies yang berpotensi menang.

“Penuh kehati-hatian (deleberatif) dalam mengusung capres-cawapres menjadi kunci masa depan Indonesia karena partai lah satu-satunya sebagai instrumen penting sumber lahirnya “leadership” nasional,” tuturnya.

“Oleh sebab itu, partai harus sangat cermat, mengusung kandidasi capres/cawapres ke depannya,” demikian Pangi.(Sumber)