Mengenal Sosok Teti Rohatiningsih, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Asal Jawa Tengah

Teti Rohatiningsih adalah pendatang baru di DPR RI, periode 2019-2024 adalah kali pertamanya duduk sebagai legislator dari Partai Golkar di Gedung Senayan, Jakarta. Nama Teti Rohatiningsih sendiri mungkin sedikit terdengar asing bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Tapi di Daerah Pemilihannya (Dapil) Jawa Tengah VIII yang meliputi Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap, tentu namanya sangat familiar di telinga. Pasalnya Teti Rohatiningsih merupakan istri dari Bupati Cilacap tiga periode, Tatto Suwarto Pamuji.

Bagaimana bisa seseorang menjadi kepala daerah selama tiga periode? Sedangkan ada UU yang mengatur batasan kekuasaan seorang kepala daerah hanya dua periode maksimal. Bisa saja jika dalam salah satu periode tidak terhitung secara penuh.

Tatto Suwarto Pamuji pada tahun 2009 menggantikan koleganya H. Probo Yulastoro sebagai pelaksana tugas Bupati Cilacap. Baru pada tahun 2011 ia dilantik sebagai Bupati Cilacap secara definitif untuk meneruskan masa jabatan Probo Yulastoro yang hanya tinggal satu tahun, sampai tahun 2012.

Di tahun 2012, ia kembali mengikuti kontestasi politik untuk memimpin Kabupaten Cilacap dan berhasil memenangkan pertarungan itu. Jadilah Tatto Suwarto Pamuji sebagai Bupati Cilacap untuk periode pertamanya di tahun 2012-2017.

Ia kembali mengikuti pilkada serentak 2017 dan kembali memenangkan kontestasi bersama wakilnya Syamsul Aulia Rachman, S.STP, M.Si. Hingga genaplah Tatto Suwarto Pamuji memimpin Cilacap selama tiga periode.

Kembali pada Tetti Rohatiningsih, ibu 4 anak yang lahir di Cilacap pada 15 Agustus 1961 ini, terlepas dari dirinya merupakan istri seorang bupati, ia tetaplah memiliki keunggulan dalam sisi kepemimpinan dan kapasitas. Selain itu, lingkungan tumbuh besar dirinya yang selalu dijalani di Kabupaten Cilacap atau paling jauh ke Kabupaten Banyumas membuat nama dirinya membekas di banyak benak masyarakat Cilacap.

Saat sekolah dasar, Teti Rohatiningsih menjalani pendidikan di SDN 2 Cimanggu sejak tahun 1968 sampai dengan tahun 1974. Lulus SD, Teti Rohatiningsih melanjutkan pendidikan di SMP Negeri Cimanggu sedari tahun 1974 sampai 1977. Masa sekolah lanjutannya pun dijalani di Cilacap yakni di SMA Negeri Majenang pada tahun 1977 sampai 1981. Baik Cimanggu atau Majenang merupakan nama kecamatan di Kabupaten Cilacap.

Baru pada tingkat pendidikan tinggi Teti Rohatiningsih menuntut ilmu di Universitas Wijayakusuma Purwokerto guna mengejar gelar kesarjanaan. Teti Rohatiningsih sendiri baru meraih gelar kesarjanaan ketika segalanya telah paripurna untuknya, yaitu pada tahun 2013 sampai 2017.

Di tahun itu, Teti Rohatiningsih telah melewati masa-masa sulit dalam kehidupannya. Ia telah bersuamikan seorang Tatto Suwarto Pamuji sebagai seorang bupati. Tentu bukanlah peran yang mudah dijalani oleh seorang Teti Rohatiningsih, peran yang sebelumnya dijalani secara biasa saja sebagai seorang ibu rumah tangga lantas berubah 180 derajat menjadi pendamping seorang pemimpin kepala daerah.

Sudah sekira 41 tahun atau sejak tahun 1981 seorang Teti Rohatiningsih mendampingi sang suami. Segalanya mereka mulai dari nol. Sampai kemudian Tatto Suwarto Pamuji menjadi pengusaha sukses dan berhasil menaiki pucuk pimpinan kepala daerah.

Selama mendampingi sang suami sebagai istri, Teti Rohatiningsih banyak belajar mengenai dunia organisasi dan kepemimpinan. Sebab secara otomatis, ia turut pula menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap sejak tahun 2010 sampai tahun 2022 di mana masa jabatan sang suami telah usai.

Teti Rohatiningsih sempat pula menjabat sebagai Ketua Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) Kabupaten Cilacap, Ketua YHI Kabupaten Cilacap, dan Bunda Paud Himpaudi Kabupaten Cilacap.

Sifatnya yang keibuan, aspiratif terhadap keinginan masyarakat dan selalu ingin mendengar membuat Teti Rohatiningsih dirasa layak terjun ke dunia politik seperti sang suami. Atas inisiatif pribadi dengan disempurnakan oleh izin sang suami, pada Pemilu 2019, Teti Rohatiningsih memberanikan diri maju sebagai calon legislatif DPR RI dari Dapil Jawa Tengah VIII.

Pada Pemilu 2019, berkat dari tapak yang ditinggalkannya di tempat kelahiran hingga ia beranjak dewasa dibarengi pula sosok seorang istri Bupati Cilacap yang terkenal keibuan dan aspiratif, Teti Rohatiningsih berhasil mendapatkan raihan 147.905 suara. Raihan suaranya terhitung sangat besar mengingat ini baru kali pertama baginya terjun ke dunia politik praktis.

Di DPR RI, oleh Fraksi Partai Golkar, Teti Rohatiningsih ditempatkan di berbagai komisi. Ia pernah menempati Komisi II DPR RI di awal masa jabatan, kemudian dirotasi ke Komisi IV DPR, sempat dirotasi lagi ke Komisi XI DPR dan kini kembali ke Komisi IV DPR RI hingga sekarang. Komisi IV DPR RI merupakan komisi yang membidangi Perdagangan, Koperasi UKM, BUMN, Investasi, dan Standarisasi Nasional.

Kinerja Teti Rohatiningsih sebagai anggota DPR RI memang belum banyak tercatat, tetapi minimal ia adalah figur yang cukup sering turun ke konstituen. Seperti misalnya saat terjadi bencana longsor di Cimanggu, Kabupaten Cilacap pada April 2022 lalu yang akibatkan beberapa rumah alami kerusakan. Teti Rohatiningsih langsung adakan kunjungan.

Dalam kunjungan tersebut, ia berjanji kepada masyarakat untuk membantu secara pribadi pengadaan tanah dan pembangunan rumah yang rusak akibat adanya bencana longsor tersebut.

Selain itu, Teti Rohatiningsih juga selalu perduli pada aktivasi kegiatan ekonomi masyarakat seperti yang pernah ia lakukan saat melaksanakan kunjungan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sepatnunggal Kecamatan Majenang, Cilacap pada Juni 2022 lalu.

Masih banyak hal lainnya yang telah Teti Rohatiningsih berikan kepada masyarakat Kabupaten Cilacap dan Banyumas. Ia telah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan, maupun karya nyata yang dirasakan oleh masyarakat kedua kabupaten yang merupakan Dapilnya tersebut. Semoga semakin banyak manfaat yang diberikan oleh Teti Rohatiningsih kepada masyarakat Jawa Tengah. {golkarpedia}