News  

Para Arkeolog Temukan Malam Sinterklas di Demre Turki

Para arkeolog di Turki baru saja menemukan makam asli dari Santa Nicholas, sosok yang menjadi inspirasi dari santa claus atau sinterklas.

Sebelumnya, para peneliti sudah tahu lebih dahulu bahwa ada tubuh Nicholas yang dimakamkan di gereja abad keempat Masehi di provinsi Antalya, Turki.

Namun jenazah orang suci itu dicuri sekitar 700 tahun setelah dia meninggal, sehingga tidak diketahui di mana tepatnya makam itu berada dan menjadi sebuah misteri.

Kini, tim arkeolog berhasil menemukan makam Santo Nicholas di St. Nicholas Church. Selama beberapa abad silam, gereja itu terimbas kenaikan air laut, sehingga gereja lain dibangun di atasnya.

Gereja yang pertama tenggelam dengan naiknya Laut Mediterania dan beberapa abad kemudian, gereja yang baru dibangun di atasnya. Saat ini, kami sudah mencapai sisa-sisa gereja yang pertama dan lantai di mana Santo Nicholas pernah berada di sana.

– Osman Eravsar, Kepala Pelestarian Warisan Kultural Setempat –

Dilansir Live Science, sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan Nicholas. Yang pasti ia lahir dari keluarga kaya di Patara, Turki, dan dikisahkan gemar menjual harta bendanya dan memberikannya pada kaum miskin.

Salah satunya aksi murah hatinya adalah memberikan emas pada tiga gadis agar mereka tidak terjebak di dunia prostitusi. Inilah yang membuatnya jadi inspirasi sosok sinterklas. Nicholas sendiri meninggal pada tahun 343.(Sumber)