News  

Jawa Tengah Masuk Provinsi Termiskin Tapi Ganjar Mau Nyapres, Pengamat: Gubernur Miskin Prestasi

Achmad Nur Hidayat selaku Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute mengatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo adalah pemimpin daerah yang miskin prestasi. Ini disebutkan dia berdasarkan data bahwa Jawa Tengah masuk dalam provinsi termiskin di Pulau Jawa.

Dan juga munculnya kasus Wadas dimana menjadi kasus ini adalah catatan kelam atas pelanggaran HAM di Jawa Tengah. Menurut Achmad, ini tidak sejalan dengan Ganjar Pranowo yang akhirnya menyatakan siap untuk maju pada kompetisi pilpres 2024.

“Jadi sebetulnya tidak alasan yang kuat bagi PDIP untuk memberikan tiket capresnya untuk Ganjar Pranowo. Karena minimnya prestasi Ganjar,” jelas Achmad melalui keterangan tertulisnya yang diterima Warta Ekonomi, Senin (24/10/22).

“Nama Ganjar memang melejit dari survei-survei politik. Tapi siapa pun tahu bahwa survey survey politik itu penuh dengan kepentingan politik juga,” tambah dia.

Sehingga menurut Achmad adalah hal yang wajar jika keistimewaan PDIP sebagai satu satunya Partai yang dapat mencalonkan presiden sendiri karena suara di parlemen melebihi 20% tidak mau terburu-buru mengumumkan siapa capres mereka.

“Megawati Soekarnoputri sendiri sebagai Ketua Umum PDIP tentunya akan belajar dari pencapresan Jokowi oleh PDIP,” jelas Achmad.

Dimana kata dia, saat itu tercium kuat bahwa pemberian tiket PDIP kepada Jokowi karena adanya tekanan eksternal kepada PDIP untuk memberikan tiket capresnya kepada Jokowi. {sumber}