Tekno  

Elon Musk Sambangi Kantor Twitter Sambil Tenteng Wastafel, Apa Maksudnya?

CEO Tesla dan SpaceX itu memang tengah disibukkan dengan finalisasi akuisisi Twitter, yang dikabarkan akan rampung pada Jumat (28/10) besok. Sebelum pembelian tersebut selesai, Musk melakukan kunjungan ke markas Twitter untuk bertemu dengan petinggi dan pegawai di sana. Kedatangan orang terkaya di dunia itu terbilang nyentrik, karena dilakukannya sambil membawa wastafel.

Memasuki kantor pusat Twitter – ‘let that sink in’! (biarkan ‘wastafel’ itu masuk atau biarkan itu meresap, tergantung sink sebagai kata benda atau kata kerja).
– Elon Musk –

Selain itu, pria berusia 51 tahun itu juga kedapatan mengubah bio di akun Twitter miliknya menjadi ‘Chief Twit’ atau ‘Kepala Twit’. Kalimat ‘let that sink in’ yang diungkap Musk sambil menenteng wastafel (sink) menimbulkan pertanyaan. Maknanya juga bisa bermacam-macam.

Pertama, let that sink in sebagai sebuah idiom. Ia bermakna memungkinkan sesuatu untuk menembus ke dalam pikiran Anda dan menjadi dipahami, seperti dikutip Preply.com.

Sementara ‘sink in’ saja, berdasarkan kamus Merriam-Webster, berarti benar-benar dipahami. Sedangkan kamus Cambridge Dictionary menjelaskan sink in berarti, ‘Jika fakta atau ide yang tidak menyenangkan atau mengejutkan masuk, Anda secara bertahap mulai mempercayainya, memahaminya, atau menyadari efeknya pada Anda’.

Atau ada kemungkinan wastafel sebagai petunjuk Musk untuk ‘membersihkan’ Twitter dari bot yang sering ia permasalahkan. Isu bot pula yang menjadi alasan dirinya sempat ingin membatalkan beli Twitter, yang kemudian digugat oleh si platform.

Ya, kita hanya bisa menduga-duga, karena Musk sampai saat ini belum menjelaskan maksud dan tujuannya membawa wastefel ke kantor Twitter.

Deadline beli Twitter 28 Oktober

Kedatangan Musk ke kantor Twitter ini menjelang tenggat waktu pembelian Twitter, yang akan jatuh pada Jumat (28/10) besok. Tanggal ini sesuai tenggat waktu yang diberikan hakim pengadilan Delaware di sidang tuntutan Twitter pada 17 Oktober 2022.

Sesuai perjanjian awal, Musk akan membeli media sosial berlambang burung biru itu dengan harga 54,20 dolar per lembar saham, dengan total 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 687 triliun (kurs Rp 15,557).

Sebelumnya, pendiri The Boring Company itu sempat ingin membatalkan akuisisi Twitter, dengan alasan perusahaan tidak transparan atas laporan bot. Twitter membantah tudingan tersebut dan ingin Musk tetap membeli mereka dengan harga yang telah ditetapkan, dan memaksa menyelesaikan perjanjian di pengadilan.

Pada awal Oktober 2022, Musk mengatakan ingin melanjutkan proses pembelian dengan harga awal. Sidang yang dilaksanakan pada 17 Oktober 2022 memutuskan Musk memenuhi komitmennya membeli Twitter dengan tenggat waktu 28 Oktober 2022.

Elon Musk PHK karyawan Twitter?

Musk dilaporkan akan memecat 75 persen karyawan Twitter ketika ia berhasil mengambil alih perusahaan. Menurut The Washington Post, PHK ini bertujuan untuk memotong biaya pengeluaran.

Twitter saat ini punya pegawai sekitar 7.500 orang. Musk mengatakan kepada investor ingin memecat tiga perempat dari keseluruhannya, hingga tersisa hanya 2.000 orang di antaranya.

Apakah maksud Musk membawa wastafel ke kantor Twitter adalah mempertegas ia akan ‘membersihkan’ karyawan Twitter atau ‘membersihkan’ bot dari media sosial? {kumparan}