News  

Sambangi Istana Presiden, Prabowo Bertemu 4 Mata Dengan Jokowi

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jumat (28/10) siang. Pertemuan keduanya di Istana dibenarkan juru bicara Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil menyebut pertemuan empat mata keduanya berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB.

”iya sudah [bertemu]. Tadi pukul 14.00 WIB,” ujar Dahnil saat dihubungi, Jumat (28/10).

Hanya saja, Dahnil enggan merinci apa saja yang dibahas keduanya dalam pertemuan tersebut. Ia membenarkan ada pertemuan, tapi enggan mengungkapkan apa yang jadi topik pembahasan. “Itu saja jawaban saya,” pungkasnya.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Prabowo baru saja melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Dalam kunjungan itu, Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd J Austin III di gedung Pentagon, Virginia, Kamis (20/10).

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah hal turut dibahas kedua menteri, di antaranya mendiskusikan penyelarasan kerja sama ke depan antara AS dan Indonesia. Hal itu diperlukan lantaran kedua negara menginginkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh serta bebas dan terbuka, saya percaya untuk mencapai tujuan ini akan membutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik,” ungkap Prabowo.

Dalam pertemuan itu, Austin turut mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN, Indo-Pasifik, dan di dunia. Prabowo dan Austin juga turut menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan di tengah dinamika keamanan regional yang semakin kompleks. Untuk itu, AS menyatakan akan terus membantu modernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara AS dan Indonesia.

Austin menyatakan dukungan terhadap fokus Prabowo terkait profesionalisasi militer Indonesia, di mana Indonesia selama dua tahun belakangan telah mengirim taruna untuk belajar dengan beasiswa di tiga akademi militer AS, yaitu di The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis, dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengapresiasi atas niat AS untuk mendukung ASEAN yang mandiri dan kuat. “Kami berharap kerja sama pertahanan kedua negara semakin kuat dan persahabatan kedua negara akan terus berlanjut serta tumbuh dalam semangat saling menghormati dan percaya untuk kepentingan nasional masing-masing,” kata Prabowo.

Kemhan Segera Gelar Indo Defence 2022

Kemhan akan segera menggelar forum diskusi dan pameran pertahanan Indo Defence 2022 yang akan dihelat pada 2-5 November. Seharusnya agenda itu digelar pada 2020, namun harus ditunda akibat pandemi COVID-19 yang dialami Indonesia.

Indo Defence akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Prabowo menjelaskan, secara garis besar bahwa acara itu akan diikuti oleh sekitar 900 peserta yang berasal dari berbagai negara hingga perusahaan pertahanan.

“905 perusahaan dari 59 negara, kemungkinan bisa 60, satu sedang kita tunggu konfirmasi hadir. Target kita 900, yang hadir 905, jadi sudah melebihi target, kemudian target kita 60 negara, yang hadir 59 jadi sudah mendekati target kita,” kata Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengatakan lebih 21 pejabat setingkat menteri dan Panglima Tentara dan Kepala Staff Angkatan dari berbagai negara akan hadir.

“Kemudian, tema dari pameran ini adalah peace, prosperity, strong defence. Jadi message-nya adalah sulit mencapai perdamaian dan kemakmuran tanpa pertahanan kuat,” ucap dia. {kumparan}