9 Negara Yang Takkan Bisa Tampil di Piala Dunia Hingga Kiamat Sekalipun

Soccer Football - World Cup - Group E - Brazil vs Switzerland - Rostov Arena, Rostov-on-Don, Russia - June 17, 2018 Brazil fan holds a replica of the World Cup trophy inside the stadium before the match REUTERS/Damir Sagolj

9 negara yang takkan bisa tampil di Piala Dunia bahkan sampai kiamat sekali pun akan dibahas Okezone di artikel ini. Setiap negara jelas berlomba-lomba untuk bisa berpartisipasi dalam pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut.

Kendati demikian, ada beberapa negara yang dipastikan takkan bisa mengikuti turnamen sepakbola empat tahunan tersebut. Ada berbagai macam alasan yang membuat sejumlah negara itu pada akhirnya tak bisa mengikuti Piala Dunia. Penasaran negara mana saja tersebut?

Berikut 9 Negara yang Takkan Bisa Tampil di Piala Dunia Bahkan Sampai Kiamat Sekali pun:

9. Tuvalu

Tuvalu sejatinya negara yang terdaftar di anggota Federasi Sepakbola Oceania (OFC), namun sampai saat ini mereka tidak bergabung ke dalam anggota FIFA. Pada September 2008 silam, Perdana Menteri Tuvalu bersama Presiden Federasi Sepakbola Tuvalu pernah memperjuangkan nasibnya agar diterima FIFA.

Akan tetapi hal itu urung terjadi. Hingga pada Desember 2013, Sekretaris Jenderal OFC menyatakan bahwa Tuvalu tak memenuhi syarat dari FIFA hingga tak bisa mentas di Piala Dunia.

8. Micronesia

Masih dari negara perwakilan OFC, Micornesia terletak di Samudera Pasifik dan memiliki luas total 702 km. Senasib dengan Tuvalu, Micronesia sejauh ini belum terdaftar sebagai anggota FIFA.

Kendati demikian, Micronesia sudah berusaha mengajukan diri sebagai anggota FIFA. Namun, proses untuk menjadi anggota FIFA ternyata menyulitkan Federasi Sepakbola Micronesia. Alhasil, mereka tidak bisa lolos ke Piala Dunia, karena tak diakui oleh FIFA.

7. Kiribati

Lagi-lagi masih dari kawasan anggota OFC, Kiribati merupakan negara yang tak bisa tampil di ajang Piala Dunia. Berada di kawasan di Samudera Pasifik, yang dihuni sekira 100 ribu orang. Meski terhitung negara kecil, Kiribati sempat mengajukan diri untuk masuk keanggotaan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) melalui Federasi Sepakbola Oceania (OFC).

Namun, pengajuan itu sering ditolak, lantaran FIFA dan OFC tak bisa diajak kerja sama dengan baik. Sebab demikian, Kiribati tak bisa ikut Piala Dunia karena tak masuk menjadi anggota FIFA.

6. Palau

Palau berada di Samudera Pasifik, tepatnya dekat dengan Papua Barat. Palau juga tak bisa mentas di Piala Dunia karena bukan anggota FIFA.

Kendati demikian, Timnas Palau pernah ikut berkompetisi di Micronesian Games 1998. Ketika itu Timnas Palau berhasil meraih posisi ketiga.

5. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall merupakan negara bekas jajahan Spanyo. Sejauh ini negara tersebut juga tidak tergabung dalam keanggotaan FIFA.

Karena belum terdaftar di FIFA, maka Timnas Kepulauan Marshall jelas tak bisa mentas di Piala Dunia.

4. Nauru

Nauru juga takkan bisa tampil di Piala Dunia. Senasib seperti yang lain, Nauru bukan anggota FIFA.

Selain itu, olahraga rugby lebih disenangi oleh masyarakat Nauru ketimbang sepakbola.

3. Britania Raya

Timnas Britania Raya merupakan bagian dari benua Eropa, yang sebenarnya gabungan dari sejumlah negara yang ada di kawasan Britania dan sekitarnya.

Adapun Timnas Britania Raya sendiri berada di bawah naungan Federasi Sepakbola Kepulauan Virgin Britania Raya. Mereka hanya diizinkan FIFA berlaga di Olimpiade dan dilarang ikut Piala Dunia.

Hal itu karena FIFA membagi Britania Raya ke dalam empat negara yakni Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

2. Vatikan

Timnas Vatikan pernah uji tanding melawan Timnas Monako pada November 2002 di Italia. Ketika itu Timnas Vatikan bermain imbang 0-0.

Meski memiliki timnas sepakbola, Vatikan tetap tak bisa tampil di Piala Dunia. Sebab mereka bukan anggota FIFA.

1. Monako

Monako memiliki timnas yang takkan bisa tampil di Piala Dunia. Sebab negara tersebut bukanlah anggota dari FIFA. Mereka tepatnya berada Federasi Sepakbola Monegasque, yang notabene bukan anggota FIFA atau UEFA.

Meski timnas mereka tak bersinar, Monako memiliki satu klub yang bisa dibanggakan. Adalah AS Monaco yang dikenal karena penampilannya di Liga Prancis.(Sumber)