Kawan Jaga Langit Meriahkan Peresmian Wahana Baru Ancol: Jakarta Bird Land

Taman Impian Jaya Ancol meresmikan wahana baru bernama Jakarta Bird Land (JBL). Peluncuran dilakukan sekaligus sebagai bentuk dukungan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh tiap tanggal 5 November.

Pada peluncuran ini, JBL bekerja sama dengan Jakarta Birdwatcher’s Society (Burung.Jakarta) memilih dan menyeleksi 30 orang anak berusia 9-11 tahun untuk menjadi Kawan Jaga Langit.

30 orang inilah bersama masing-masing 2 pendampingnya yang ikut memeriahkan peluncuran JBL pada Sabtu, 5 November 2022. 30 orang ini lalu dibagi dalam 8 kelompok dan tiap kelompok didampingi kakak fasilitator dari Jakarta Birdwatcher’s Society (Burung.Jakarta).

Sebanyak 500 ekor burung dari 50 spesies dihadirkan di lahan seluas 6.000 meter persegi. Sebagian burung didatangkan khusus dari luar negeri. Taman burung ini didesain semirip mungkin dengan habitat asli burung-burung penghuninya. Salah satu yang paling unik yaitu elang laut dada putih yang memiliki habitat alami di Pulau Bidadari Kepulauan Seribu.

Jakarta Bird Land dibagi jadi 6 Kawasan. Keenam kawasan tersebut yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Daerah.

Di area sky bridge, pengunjung bisa melihat lebih dekat dan berinteraksi langsung burung-burung yang sedang terbang bebas dan hinggap di area kandang. Beberapa jenis burung yang bisa di temui di JBL antara lain kakatua jambul kuning, kakatua alba, kakatua raja, burung macaw, bebek Mandarin, rangkong dan merak biru.

Para pengunjung di JBL bisa secara langsung memberi makan dan berfoto dengan beberapa jenis burung. Pengunjung juga bisa menyaksikan uniknya perilaku satwa ini dengan menyaksikan pertunjukan burung yang diadakan di dua tempat dengan konsep pendidikan yang menyenangkan.

Untuk dapat menikmati wahana JBL, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Setiap hari, wahana beroperasi mulai pukul 09.30 hingga pukul 16.00 WIB.

Jika ingin menikmati wahana JBL, Bisa membeli tiket untuk weekday Rp.75 ribu berikut akses masuk gerbang Ancol. Untuk weekend dan libur nasional, dikenakan tarif Rp.95 ribu berikut akses masuk gerbang Ancol.