Francesco Bagnaia Resmi Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

MotoGP Valencia 2022 berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Minggu (6/11). Alex Rins finis terdepan. Francesco Bagnaia yang finis kesembilan dipastikan menjadi Juara Dunia MotoGP musim ini. Perolehan poinnya tak bisa disamai oleh Fabio Quartararo yang finis keempat di balapan ini.

Perolehan poin terakhir 3 besar pebalap kelas utama Kejuaraan Dunia MotoGP 2022: Bagnaia dengan 265 poin, Quartararo punya 248 poin, dan Bastianini koleksi 219 poin.

Starting Grid MotoGP Valencia 2022
Start 1-10: Jorge Martin, Marc Marquez, Jack Miller, Fabio Quartararo, Alex Rins, Maverick Vinales, Brad Binder, Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Aleix Espargaro.

Start 11-20: Luca Marini, Joan Mir, Enea Bastianini, Miguel Oliveira, Alex Marquez, Franco Morbidellli, Cal Crutchlow, Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Remy Gardner.

Start 21-24: Takaaki Nakagami, Pol Espargaro, Raul Fernandez, Darryn Binder.

Jalannya Balapan MotoGP Valencia 2022

Selepas start, Rins melesat ke posisi terdepan. Sementara, Bagnaia naik ke posisi 6, Quartararo naik ke urutan 4, dan Marquez mampu naik ke posisi 6.

Posisi 10 besar di lap 2: Rins, Martin, Marquez, Quartararo, Miller, Bagnaia, Binder, Zarco, Bezzecchi, Mir.

Kemudian, terjadi kontak antara Quartararo dan Miller, motor mereka bersentuhan tetapi tidak ada yang terjatuh.

Quartararo turun satu posisi, lalu Bagnaia dan Quartararo juga bersentuhan yang membuat livery Quartararo dan Bagnaia agak terkoyak. Setelahnya, Quartararo turun ke P6.

Pada lap 4, Quartararo kembali menyalip Bagnaia untuk naik ke P5. Jarak antara Quartararo dengan Miller hanya sekitar 1,7 detik. Akan tetapi satu lap berselang, Miller mampu menyusul Marquez.

Urutan 10 besar hingga lap 7 balapan MotoGP Valencia: Rins, Martin, Miller, Marquez, Quartararo, Bagnaia, Brad, Mir, Zarco, Oliveira.

Duel antara Miller dan Marquez untuk berebut podium 3 masih terus terjadi. Namun nahas, Marquez mengalami crash di lap 11. Quartararo lantas mengisi P4.

Di lap 14, Bagnaia melorot ke P7. Sementara, Quartararo masih berjuang membalap Miller di urutan 3, jarak waktu di antara mereka 1 detik lebih.

Posisi 10 besar hingga lap 19: Rins, Martin, Miller, Brad, Quartararo, Olivera, Bagnaia, Marini, Bastianini, Morbidelli. Ya, Quartararo malah tersusul oleh Brad.

Pada lap 23, Miller mengalami crash tunggal dan terjatuh Quartararo naik ke P4 dan Bagnaia yang sempat disusul Marini dan Bastianini balik ke P8. Situasi poin masih menguntungkan Bagnaia untuk merengkuh juara dunia.

Pada akhirnya, Rins menjadi yang finis terdepan. Brad mengisi podium kedua dan Martin menempati podium kedua. Bagnaia finis kesembilan dan Quartararo finis keempat. Hasil ini membuat Bagnaia yang menjadi juara dunia.

Hasil Balapan MotoGP Valencia 2022 (15 besar)
1 Rins
2 Brad Binder
3 Martín
4 Quartararo
5 Oliveira
6 Marini
7 Bastianini
8 Rins
9 Bagnaia
10 Morbidelli
11 Bezzecchi
12 Fernández
13 Gardner
14 Nakagami
15 Di Giannantonio.(Sumber)