Wasiat Ayah Shayne Pattynama: Kalau Bisa Kamu Main Untuk Timnas Indonesia

Shayne Pattynama selangkah lagi akan berstatus sebagai Warga Negara Indonesia. Komisi X DPR RI telah menyetujui naturalisasi pemain kelahiran Belanda itu dalam rapat dengan Menpora dan PSSI, Selasa (8/11).

Dengan begitu, Pattynama selangkah lagi akan bisa membela skuad ‘Garuda’. Dan rupanya, bermain untuk Timnas Indonesia merupakan pesan sang ayah sebelum meninggal dunia.

“Ayahnya berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah. Ayahnya lahir di Semarang, sebelum ayahnya meninggal ada wasiat, ‘kamu kalau bisa bermain untuk Timnas Indonesia’,” ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat rapat dengan Komisi X DPR RI, Selasa (8/11).

Setelah disetujui oleh Komisi X DPR RI, proses naturalisasi Pattynama akan dibawa ke Komisi III DPR. Setelahnya, baru dikembalikan ke Presiden Joko Widodo untuk ditandatangani keputusannya.

Saat ini, Shayne Pattynama bermain untuk klub Norwegia, Viking FK. Menurut catatan Transfermarkt, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri itu tampil sebanyak 19 kali di kompetisi domestik.

Pattynama menjadi pemain ketiga yang proses naturalisasinya diajukan oleh PSSI. Sebelumnya, ada Jordi Amat dan Sandy Walsh di mana keduanya sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan Komisi III DPR RI.(Sumber)