News  

Adi Prayitno: Rambut Putih 1.000 Persen Kode Keras Jokowi Endorse Ganjar

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin memikirkan rakyat rambutnya putih merupakan bentuk dukungan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Adi Prayitno menjelaskan analisis atas ucapan Jokowi tersebut.
“Fix 1.000 persen kode keras Jokowi endorse Ganjar. Tak ada yang bisa membantah. Ini kali kedua Jokowi secara eksplisit gelagat politiknya dukung Ganjar,” kata Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (26/11/2022).

“Sebelum hari ini, Jokowi juga dukung Ganjar di acara Projo beberapa waktu lalu yang memantik hubungan panas dingin dengan sejumlah elite PDIP,” imbuhnya.

Jokowi bicara ciri pemimpin memikirkan rakyat untuk dipilih pada 2024 itu di hadapan para relawannya. Menurut Adi, sikap Jokowi lebih senang saat bicara di depan relawan.

“Membaca sikap politik Jokowi itu rada sederhana. Salah satunya melalui para relawannya. Jokowi di depan relawannya terlihat happy, terbuka, dan nyaman bicara politik 2024,” ujarnya.

Adi menjelaskan mengapa Jokowi terlihat memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Setidaknya, Adi memberikan empat poin analisisnya soal Jokowi dukung Ganjar.

“Di dua kali acara relawan juga, Jokowi gelagat politiknya memang Ganjar. Alasannya 4 hal. Pertama, sama-sama kader PDIP. Kedua, basis pemilih Jokowi mayoritas ke Ganjat. Ketiga, banyak relawan Jokowi ke Ganjar. Ketiga, elektabilitas Ganjar paling tinggi. Jokowi sepertinya percaya betul dengan hasil survei yang berkembang bekalangan ini,” imbuhnya.

Jokowi Bicara Rambut Putih
Pertemuan Jokowi dengan relawan Gerakan Nusantara Bersatu mengungkap ciri-ciri pemimpin memikirkan rakyat versi Jokowi. Pemimpin memikirkan rakyat versi Jokowi itu adalah rambutnya sampai memutih dan ada kerutan di wajahnya.

Pesan Jokowi kepada ribuan relawan itu untuk memilih pemimpin di 2024 mendatang. Menurut Jokowi seorang pemimpin terlihat dari bagaimana penampilannya.

“Perlu saya sampaikan. Perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya,” kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11).

(Sumber)