Soal Pemimpin Rambut Putih, Kamhar Lakumani: Jangan-jangan Pak Jokowi Tak Paham Isi Pidatonya

Ciri Presiden RI yang akan terpilih pada 2024 disebutkan Presiden Joko Widodo punya rambut bewarna putih. Namun, yang disampaikan Jokowi itu malah menuai kritik.

Salah satunya disampaikan Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. Dia menuturkan, dari sisi akademik pernyataan Jokowi sama sekali tidak mencerdaskan.

“Apa yang dilakukan Pak Jokowi sejatinya adalah praktek mempertontonkan kebodohan dan pembodohan,” ujar Kamhar dala keterangan tertulisnya, Senin (28/11).

Menurutnya, tak ada satu pun literatur pada berbagai studi kepemimpinan yang menemukan ciri kepemimpinan yang disebutkan Jokowi adalah yang terbaik untuk rakyat.

“Bahwa keriput dan rambut putih adalah ciri pemimpin yang tahu penderitaan rakyat dan pro rakyat. Keriput dan rambut putih lebih tepat sebagai tanda-tanda penuaan,” tuturnya.

Maka dari itu, Kamhar berpendapat pernyataan Jokowi hanya membuat dirinya tak dianggap sebagai pemimpin yang cerdas di mata rakyat.

“Kita berbaik sangka, jangan-jangan Pak Jokowi tidak memahami dengan cermat isi pidatonya, hanya membaca dan membeo pada apa yang disajikan orang disekelilingnya,” ucapnya.

“Sebagaimana dulu, pernah terjadi di awal pemerintahannya menandatangani Perpres yang tak dicermatinya lalu kemudian menyalahkan bawahannya,” tandas Kamhar.(Sumber)