5 Negara dengan Jumlah Perolehan Juara Dunia Terbanyak di MotoGP

5 negara dengan jumlah perolehan juara dunia terbanyak di MotoGP menjadi pembahasan pada artikel ini. Setiap musim, MotoGP selalu mencetak pembalap terbaik dari berbagai dunia.

Seperti yang dilakukan pembalap Tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia pada MotoGP 2022, yang menjadi suatu kebanggaan bagi Italia.

Pembalap kelahiran 25 tahun itu memperoleh 265 poin dan berhak bertengger di puncak klasemen MotoGP 2022. Sedangkan, Fabio Quartararo menduduki posisi kedua dengan membukukan 248 point untuk Prancis.

Kemenanan pembalap dalam dunia MotoGP tentunya menjadi kebanggan bagi negaranya. Lantas, sejauh ini negara mana yang memiliki jumlah perolehan juara dunia terbanyak?

Berikut 5 negara dengan jumlah perolehan juara dunia terbanyak di MotoGP:

5. Amerika Serikat

Nicky Hayden

Amerika Serikat menempati posisi kelima negara juara MotoGP terbanyak di dunia. Dari berbagai kelas, Amerika Serikat telah mengemas sebanyak 17 gelar.

Dari 17 gelar juara dunia, 15 diantara berasal dari kelas MotoGP. Sedangkan, dua diantaranya berasal dari kelas 250 cc. Perolehan menakjubkan Amerika Serikat terjadi 1980-an.

4. Jerman

Stefan Bradl

Negara yang memegang perolehan juara dunia MotoGP terbanyak selanjutnya adalah Jerman. Dalam dunia kuda besi ini Jerman sudah mengantongi 18 gelar juara dunia.

Keseluruhan gelar Jerman itu berasal dari kelas Grand Prix. Hingga saat ini Jerman masih menggunakan menduduki kelas MotoGP maupun kelas 500 cc.

3. Inggris

Cal Crutchlow

Inggris menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan perolehan gelar juara terbanyak di dunia MotoGP. Inggris tercatat telah mengantongi 45 gelar juara pada berbagai kelas.

Adapun 17 gelar diantaranya berasal dari kelas 500cc, 13 berasal dari kelas 350cc, 9 gelar pada kelas 250cc, 5 lainnya berada dari kelas 125cc, dan atau lainnya di Moto3.

2. Spanyol

Marc Marquez bersama Alex Marquez

Spanyol tampil apik dengan perolehan gelar juara dunia sebanyak 57 gelar. Dengan perolehan yang dibukukannya, Spanyol menduduki posisi kedua sebagai negara dengan juara terbanyak di dunia.

Spanyol mengumpulkan 10 gelar pada ajang MotoGP dan satu gelas pada ajang 500cc. Sedangkan 12 gelar diantaranya berasal dari kelas Moto2 dan 250cc.

Di Moto3 dan 125cc Spanyol membukukan 24 gelar. Gelar lainnya berasal dari kelas 80cc dan 50cc.

1. Italia

Francesco Bagnaia

Selanjutnya ada Italia yang menempati posisi pertama dengan perolehan 80 gelar juara dunia. Lahirnya Francesco Bagnaia sebagai juara MotoGP 2022 menambah daftar panjang gelar juara Italia.

Italia memiliki 21 gelar berasal dari kelas MotoGP dan 500cc. Di Moto2 dan 250cc telah terkumpul 25 gelar. Sementara itu, ada 24 gelar yang diraih dari kelas Moto3 dan 125cc. Selebihnya, Italia memperoleh gelar dari kelas 350cc dan 50 cc.

Demikian 5 negara dengan jumlah perolehan juara dunia terbanyak di MotoGP. Semoga dapat menambah wawasan pembaca semua.(Sumber)