Usai Ditegur, PSI Minta Maaf ke PDIP Karena Capreskan Ganjar Pranowo

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan menegur Partai Solidaritas Indonesia (PSI) karena mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres). Kemudian, PSI disebut meminta maaf kepada PDIP.

“Kalau saya kira itu kan daerah, kalau yang sudah pusat PSI, tapi PSI minta maaf sama PDI Perjuangan,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PDIP Bambang Wuryanto menjawab isu nama Ganjar hendak diusung parpol sebagai capres Pemilu 2024, seperti dilansir detikJateng, Sabtu (17/12/2022).

Hal tersebut diungkapkan pria yang kerap disebut Bambang Pacul ini saat menghadiri pelatihan pelatih saksi daerah tahun 2022 DPC PDIP Bantul di kantor DPC PDIP Bantul. Bambang menilai permintaan itu layak karena berkaitan dengan etika politik.

“Karena dia tidak tahu mekanisme, Ganjar sampai hari ini belum keluar dari PDI Perjuangan. Dia masih kader PDI Perjuangan,” ucapnya.

“Ketika dicalonkan oleh partai lain, dalam tata krama etika, tidak ada etika ini, tidak tertulis. Seharusnya ketua partai yang bersangkutan bicara sama Bu Ketum, boleh tidak ini saya calonkan, kan gitu,” lanjut Bambang.

Bambang menyebut permintaan maaf itu muncul setelah PDIP menegur PSI. Teguran itu dilayangkan karena Ganjar masih jadi kader PDIP.

“Kayak PSI kita tegur akhirnya PSI minta maaf kepada DPP, mohon maaf kepada Ketua Umum (Megawati). Karena Ganjar masih PDI Perjuangan,” ujarnya(Sumber)