Ini Antisipasi Shin Tae Yong Jika Elkan Baggott Tak Main di Piala AFF 2022

Elkan Baggott dikabarkan tak akan bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Terkait hal itu, pelatih Shin Tae-yong sudah menyiapkan antisipasi.

Shin Tae-yong mengaku tak masalah jika Elkan tak bisa bergabung ke timnas. Ia akan menyiapkan bek tangguh lain yang siap mengawal lini belakang ‘Garuda’.

”Bila Elkan Baggott tak bisa bergabung, saya sudah menyiapkan opsi lain dan antisipasi. Jika dia tidak bergabung, memang jadi masalah, tapi kami harus mengatasi dengan baik,” kata Shin, dikutip dari laman resmi PSSI.

Elkan kabarnya tak bisa bergabung ke Timnas Indonesia karena memiliki dua laga penting bersama Gillingham FC di Inggris. Pada 21 Desember, The Gills akan menghadapi

Wolverhampton Wanderers di Piala Liga Inggris. Kemudian pada 7 Januari 2023, mereka akan melawan Leicester City di Piala FA.

PSSI melalui Direktur Teknik, Indra Sjafri, angkat suara soal hal ini. Indra memahami bahwa Elkan sulit bergabung ke timnas karena Piala AFF tak masuk kalender resmi FIFA.

”Kita tahu bahwa Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA yang mewajibkan pemain-pemainnya diberikan [ke timnas]. Tapi, untuk klub dalam negeri kami berharap itu tak menjadi alasan,” kata Indra usai acara Upgrade Filanesia di Hotel Mercure, Jakarta, Jumat (16/12).

”Untuk pemain-pemain yang main di luar [negeri], seperti kemarin, karena ingin mereka gabung semua, Shin Tae-yong datang ke Inggris, menemui Elkan Baggott dan di situ disampaikan bahwa mungkin tidak perlu semua pertandingan [Piala AFF] Elkan bisa main, tapi ada pertandingan-pertandingan yang mungkin Elkan bisa main. Tapi, sampai saat ini belum ada jawaban pasti dari klub Elkan,” lanjutnya.

Adapun Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember hingga 16 Januari mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei darussalam.(Sumber)