Ini Janji Irwansyah Jika Dipercaya Jadi Pelatih Kepala Tunggal Putra Indonesia

Pelatih bulu tangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah, mengaku siap jika dipercaya sebagai kepala pelatih pada 2023. Dia pun berjanji memberikan yang terbaik.

Irwansyah terjun ke sektor tunggal putra pada 2016. Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pun menunjuk Irwansyah sebagai asisten pelatih tunggal putra untuk menemani Hendri Saputra.

Namun, saat ini Hendri sudah tidak di Pelatnas PBSI. Hendri meninggalkan Pelatnas PBSI sejak awal tahun karena kontraknya tidak diperpanjang.

Kondisi itu membuat posisi kepala pelatih pun kosong. Irwansyah pun secara tidak langsung mengisi kekosongan tersebut, namun ia masih berstatus sebagai asisten pelatih.

 

PBSI sempat berjanji memberi Irwansyah pendamping. Akan tetapi, hingga saat ini, belum ada nama yang dirilis oleh pihak federasi. Menjelang musim 2023, Irwansyah pun berpotensi menjadi kepala pelatih tunggal putra Indonesia.

Pria yang pernah meniti karier di Eropa itu mengatakan siap memberikan yang terbaik andai didapuk sebagai kepala pelatih. Irwansyah mengatakan niatnya membantu tunggal putra Indonesia memang sudah tinggi sejak dahulu.

 

“Enggak (pergi dari sektor tunggal putra). Insya Allah tetap di sini. Tapi ya kalau dipercayakan saya, saya kasih yang 100 persen buat tunggal putra,” kata Irwansyah kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Sabtu 17 Desember 2022.

“Karena saya memang dari dulu niatnya membantu tunggal putra ini tinggi untuk motivasinya. Kalau saya yang dipercayai untuk megang (kepala pelatih) tunggal putra, saya kasih yang terbaik selalu,” sambungnya.

Tampaknya, penunjukan Irwansyah akan terjadi pada akhir 2022. Namun demikian, Irwansyah mengatakan tidak berharap banyak dan menyerahkan semua keputusan terhadap nasibnya kepada PBSI.

“Ya, kalau memang itu (kepala pelatih) yang diputuskan, ya lebih ini lagi ya, tapi tergantung PBSI lah. Mungkin akhir tahun (diumumkan). Yang penting, semangat semuanya siapapun yang bisa melatih pemain-pemain ini memang harus kerja keras,” ujarnya.

Anthony Sinisuka Ginting dan Irwansyah

Sepeninggalan Hendri, Irwansyah tetap mampu menjaga marwah tunggal putra Indonesia. Mantan pelatih PB Tangkas itu sukses mengantar Anthony Sinisuka Ginting meraih dua gelar (Hylo Open dan Singapura Open 2022).

Tak hanya itu, Irwansyah juga membantu Jonatan Christie menjuarai Swiss Open 2022. Dia juga membawa Chico Aura Dwi Wardoyo menjuarai Malaysia Masters 2022.(Sumber)